Alat Canggih Ini Bikin F-22 Raptor AS Jadi Momok bagi Jet Tempur Siluman Lainnya

Minggu, 16 Januari 2022 - 00:55 WIB
loading...
A A A
Lalu ada masalah tentang apakah ruang interior IRST yang awalnya ditunjuk, serta pendinginan yang cukup, masih tersedia, mengingat serangkaian perbaikan dalam layanan telah dilakukan pada peralatan ini.

Pada tahun 2017, Ken Merchant, yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden Program F-22 Lockheed Martin, mengatakan kepada Air Force Magazine: "Kami benar-benar tidak memiliki real estate untuk memuat IRST internal di dalam jet. Kami sedang mencari opsi lain.”

Salah satu alternatifnya adalah menggabungkan fitur mirip IRST ke salah satu sensor F-22 saat ini, sistem Deteksi Peluncuran Rudal AN/AAR-56 atau MLD. Teknologi ini memungkinkan pilot Raptor untuk melakukan pemantauan 360 derajat terhadap ancaman peluru kendali yang diluncurkan dari udara dan permukaan.

Sistem MLD, yang dipasang pada kulit pesawat dan mencakup enam sensor yang disembunyikan oleh jendela yang dapat diamati rendah, terdiri dari serangkaian komponen dan rakitan optik.

AN/AAR-56 adalah sistem yang sedikit diketahui di atas F-22, dan kemampuan spesifiknya tidak diketahui. Namun, sistemnya sudah mapan, dan komponen tambahan berdasarkan teknologi mutakhir mungkin berpotensi memberikan kemampuan pencarian dan pelacakan inframerah yang lebih komprehensif, memungkinkannya untuk mengikuti banyak pesawat dan target rudal di luar jangkauan visual.

Sensor IRST modern, seperti IRST21, akan memungkinkan pilot Raptor mengidentifikasi dan melacak berbagai ancaman dengan cepat di luar jangkauan visual. Sensor akan menawarkan data penargetan tambahan, memungkinkan pesawat tempur siluman untuk menyerang musuh secara pasif tanpa memancarkan emisi radar, fitur yang sangat penting untuk pesawat siluman.

AS saat ini lebih fokus pada ancaman kelas atas yang ditimbulkan oleh China dan Rusia dan mengintegrasikan IRST ke pesawat tempurnya yang paling kuat akan memberikan keunggulan tambahan.

Secara bersamaan, F-22 dapat menyerang target tanpa menggunakan radarnya sendiri. Ini akan menambah lapisan pertahanan terhadap ancaman rudal. Radar AN/APG-77 AESA, yang dipasang di F-22, memiliki beberapa karakteristik pencegatan probabilitas rendah (LPI) terbaik, sehingga menyulitkan sensor musuh untuk mendeteksinya, apalagi melakukan geolokasi.

Selain itu, spektrum ancaman udara yang akan dibantu oleh IRST F-22 dalam memperoleh dan terlibat memainkan peran dalam situasi kritis. IRST yang canggih dapat mengidentifikasi objek yang tidak bisa dilihat oleh radar biasa, seperti pertarungan jet tempur siluman, drone, pembom, dan bahkan rudal jelajah.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)