Tsunami Terjang Tonga, Raja Tupou VI Dievakuasi Pasukan Militer

Sabtu, 15 Januari 2022 - 22:18 WIB
loading...
A A A
"Gelombang tsunami lebih kuat dari ombak pantai dengan ukuran yang sama. Akan ada banyak ombak dan ombak pertama mungkin bukan yang terbesar," lanjut BoM.

Tidak ada laporan segera tentang korban cedera atau tingkat kerusakan karena komunikasi dengan negara kecil itu tetap bermasalah.

Video yang diposting ke media sosial menunjukkan gelombang besar menyapu pantai di daerah pesisir, berputar-putar di sekitar rumah dan bangunan.

Gelombang kuat terlihat menghantam pantai negara Pasifik itu saat rekaman satelit menunjukkan gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai meletus.

Situs berita Matangi Tonga melaporkan para ilmuwan telah mengamati ledakan besar, guntur dan kilat di dekat gunung berapi sesaat setelah meletus.

Situs itu mengatakan citra satelit menunjukkan gumpalan abu, uap, dan gas sepanjang lima kilometer naik ke udara hingga sekitar 20 kilometer.

Gambar satelit menunjukkan letusan besar, gumpalan abu, uap dan gas yang ditangkap dari angkasa naik seperti jamur di atas perairan Pasifik biru.

Akun US StormWatch menggambarkan letusan itu sebagai salah satu yang paling ganas yang pernah terekam di satelit.

Badan Meteorologi Tonga mengatakan peringatan tsunami berlaku untuk seluruh wilayah, dan data dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menunjukkan gelombang 80 sentimeter telah terdeteksi.

Pihak berwenang di negara pulau terdekat Fiji dan Samoa juga mengeluarkan peringatan, memberitahu orang-orang untuk menghindari garis pantai karena arus kuat dan gelombang berbahaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)