Tegang! Kapal Selam Nuklir AS dengan Rudal Tomahawk Dekati Perairan Rusia

Sabtu, 15 Januari 2022 - 00:07 WIB
loading...
Tegang! Kapal Selam Nuklir AS dengan Rudal Tomahawk Dekati Perairan Rusia
USS New Mexico, kapal selam bertenaga nuklir yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Tomahwak Amerika Seikat. Kapal ini sedang mendekati perairan Rusia. Foto/Helene Sofie Thorkildsen/Forsvaret
A A A
MOSKOW - Kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) yang sangat kuat dari kelas Virginia, USS New Mexico, telah mendekati perairan teritorial Rusia . Kapal ini membawa rudal jelajah Tomahawk.

USS New Mexico terdeteksi berada di perairan Norwegia utara dan diduga sedang dalam perjalanan ke perairan teritorial Rusia.

Tujuan kemunculan kapal selam nuklir ini belum jelas, namun para analis mengatakan hal itu terkait dengan negosiasi menegangkan antara AS dan Rusia mengenai Ukraina yang kini menemui jalan buntu.

Baca juga: Pembicaraan dengan Rusia Tanpa Hasil, Pejabat AS: Genderang Perang Telah Terdengar

Sudah pasti Rusia akan mengirim pesawat pengintai anti-kapal selam untuk memantau kapal selam nuklir AS ketika mendekati perairan teritorial mereka.

Mengutip situs berita militer, Avia.pro, Jumat (14/1/2022), pada saat ini USS New Mexicoberada disekitar 500 km dari perbatasan teritorial Rusia dan akan dengan cepat memperpendek jarak tersebut.

Bahan konstruksi khusus, desain aerodinamis yang unik dipadukan dengan mesin penggerak jet air membuat kapal selam nuklir kelas Virginia menjadi “pembunuh bawah laut”.



Sebagai kelas kapal selam paling modern saat ini di AS, Virginia memiliki tingkat kebisingan yang sangat rendah, hampir tidak terlihat di laut dalam sehingga mereka dapat secara diam-diam mendekati target dan menghancurkan musuh.

Kapal selam nuklir serang cepat kelas Virginia dikembangkan pada tahun 2000-an setelah kapal selam nuklir kelas Seawolf dibatalkan karena terlalu mahal.

Kapal selam kelas Virginia dirancang sebagai kapal selam nuklir multiguna yang mampu melakukan pertempuran, pengumpulan intelijen, penyebaran kloning, dan peluncuran rudal jelajah.

Saat ini versi terbaru dari kapal selam serang nuklir jenis ini yang baru masuk layanan adalah Virginia Block IV. Versi ini dirancang untuk mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan siklus hidup. AS terus menutup versi Virginia Block V.
(min)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1239 seconds (10.55#12.26)