Demonstran AS Tumbangkan Patung Columbus dan Dibuang di Danau

Rabu, 10 Juni 2020 - 23:01 WIB
loading...
Demonstran AS Tumbangkan Patung Columbus dan Dibuang di Danau
Patung Christopher Columbus di taman Byrd, Richmond, AS. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Demonstran anti-rasisme di Virginia menumbangkan patung Christopher Columbus di taman Byrd, Richmond, lalu membungkusnya dalam bendera yang terbakar dan membuangnya ke danau.

Gambar insiden itu pun viral di media sosial. Gelombang unjuk rasa melanda Amerika Serikat (AS) dan Eropa setelah kematian George Floyd saat penangkapan oleh polisi.

Floyd, 46, tewas setelah seorang polisi menekan lehernya dengan lutut selama hampir sembilan menit di atas jalan di Minneapolis pada 25 Mei.

Beberapa demonstran fokus pada monumen-monumen yang memuji imperialism di masa lalu. Beberapa orang melihat patung-patung itu tidak sesuai dengan masyarakat multietnis saat ini.

Para demonstran pun menggulingkan banyak patung terkait penjajahan, imperialisme dan perdagangan budak. (Baca Juga: Bos Serikat Polisi New York: Setop Perlakukan Kami Seperti Penjahat!)

Columbus lahir di Genoa, Italia pada 1451 dan pelayarannya melintasi Atlantik membuka jalan untuk kolonisasi Eropa di benua Amerika. Dia pertama tiba di Amerika pada 12 Oktober 1492, tanggal yang diperingati sebagai Hari Columbus di AS yang merupakan hari libur federal. (Baca Juga: Rusia-China Siap Pasang Badan untuk Iran dari Sanksi PBB)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)