PBB: Fungsi Bank Sentral Afghanistan Harus Dipertahankan dan Dibantu

Jum'at, 14 Januari 2022 - 02:54 WIB
loading...
PBB: Fungsi Bank Sentral Afghanistan Harus Dipertahankan dan Dibantu
PBB: fungsi Bank Sentral Afghanistan harus dipertahankan dan dibantu. FOTO/Reuters
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB , Antonio Guterres pada Kamis (13/1/2022) meminta penangguhan aturan yang mencegah penggunaan uang di Afghanistan untuk menyelamatkan nyawa dan ekonomi dan untuk jalan menuju pelepasan bersyarat cadangan mata uang asing Afghanistan yang dibekukan.

"Pendanaan internasional harus diizinkan untuk membayar gaji pekerja sektor publik dan untuk membantu lembaga-lembaga Afghanistan memberikan perawatan kesehatan, pendidikan dan layanan vital lainnya," kata Guterres kepada wartawan di New York.



Sekitar USD9,5 miliar cadangan bank sentral Afghanistan tetap diblokir di luar negeri, terutama di Amerika Serikat (AS), dan dukungan internasional yang diberikan kepada pemerintah sebelumnya telah mengering sejak Taliban merebut kekuasaan Agustus lalu.

"Fungsi Bank Sentral Afghanistan harus dipertahankan dan dibantu, dan jalur yang diidentifikasi untuk pelepasan bersyarat cadangan mata uang asing Afghanistan," kata Guterres, seperti dikutip dari Reuters.

"Kita harus berbuat lebih banyak lagi untuk secara cepat menyuntikkan likuiditas ke dalam perekonomian dan menghindari kehancuran yang akan menyebabkan kemiskinan, kelaparan, dan kemelaratan bagi jutaan orang," katanya.

Kepala bantuan PBB Martin Griffiths akan bertemu secara virtual dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Jumat.



Guterres mengatakan, mereka akan membahas pembuatan mekanisme untuk "memungkinkan suntikan dana yang efektif ke dalam ekonomi Afghanistan" yang juga akan "menciptakan kondisi sistem keuangan di Afghanistan untuk dapat beroperasi dalam mata uang lokal."

Pada bulan Desember, para donor untuk Dana Perwalian Rekonstruksi Afghanistan yang dikelola oleh Bank Dunia setuju untuk mentransfer USD280 juta ke Program Pangan Dunia (WFP) dan badan anak-anak PBB UNICEF untuk mendukung nutrisi dan kesehatan di Afghanistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)