Korut Konfirmasi Uji Coba Rudal Hipersonik, Disaksikan Langsung Kim Jong-un

Rabu, 12 Januari 2022 - 05:51 WIB
loading...
Korut Konfirmasi Uji Coba Rudal Hipersonik, Disaksikan Langsung Kim Jong-un
Korea Utara mengkonfirmasi melakukan uji coba rudal hipersonik, disaksikan langsung Kim Jong-un. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah menguji coba rudal hipersonik , di mana hulu ledaknya mengenai target pada jarak 1.000 kilometer. Uji coba itu disaksikan langsung oleh pemimpin negara itu Kim Jong-un .

Demikian laporan Rodong Sinmun, surat kabar resmi dari Partai Buruh Korea yang berkuasa di negara tertutup itu yang dinukil Sputnik, Rabu (12/1/2022).

Laporan sebelumnya mengatakan Korut pada Selasa pagi menembakkan satu proyektil yang kemungkinan adalah rudal balistik ke arah Laut Jepang. Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan (Korsel) secara resmi menyatakan rudal tersebut terbang setidaknya 700 kilometer, dengan kecepatan tertinggi 10 Mach dengan ketinggian terbang tertinggi 60 kilometer.





Menurut militer Korsel, proyektil ini lebih maju dari yang diluncurkan Korut sebelumnya. Meski begitu, JCS sejauh ini menolak untuk mengkonfirmasi apakah itu rudal hipersonik.



Ini merupakan uji coba senjata kedua yang dilakukan Korut pada awal tahun ini. Peluncuran sebelumnya terjadi pada 5 Januari lalu. Belakangan, Korut yang secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), melaporkan telah menguji coba rudal supersonik yang terbang 700 kilometer dan tepat mengenai sasaran.

Militer Korsel kemudian mengatakan proyektil yang ditembakkan pada 5 Januari itu terbang kurang dari 700 kilometer dengan kecepatan maksimum 6 Mach di ketinggian kurang dari 50 km.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)