Taliban Bertemu Pemimpin Perlawanan Afghanistan Ahmad Massoud di Iran

Senin, 10 Januari 2022 - 21:47 WIB
loading...
Taliban Bertemu Pemimpin Perlawanan Afghanistan Ahmad Massoud di Iran
Ahmad Shah Massoud Jr memimpin perlawanan menentang Taliban di Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Ahmad Shah Massoud Jr dari etnis Tajik dan putra komandan militer legendaris Ahmad Shah Massoud, tiba di Iran November lalu untuk bertemu pemimpin pasukan perlawanan Afghanistan dan mantan menteri kabinet Afghanistan Ismail Khan.

Massoud adalah pemimpin terakhir yang meninggalkan Afghanistan setelah memimpin perlawanan anti-Taliban selama beberapa pekan.

Pemerintahan Taliban yang disebut Imarah Islam Afghanistantelah meyakinkan para pemimpin perlawanan yang melarikan diri dari negara itu bahwa mereka akan aman jika kembali ke Afghanistan.



Delegasi Taliban yang dipimpin pelaksana Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi, bertemu dengan para tokoh oposisi, termasuk Ahmad Shah Massoud Junior dan mantan Gubernur Herat Ismail Khan pada Senin (10/1/2022) di Teheran, Iran.



Delegasi Taliban telah tiba di Teheran pada Sabtu untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat senior Iran.



"Ya, kami telah bertemu komandan Ismail Khan dan Ahmad Massoud di Iran. Kami juga bertemu dengan warga Afghanistan lainnya. Kami meyakinkan mereka semua bahwa mereka dapat kembali dan tinggal di Afghanistan tanpa khawatir," ungkap Muttaqi setelah pertemuan.

Muttaqi menyampaikan kepada para panglima perang Afghanistan dan masyarakat umum yang meninggalkan negara itu tahun lalu bahwa mereka tidak akan menghadapi masalah keamanan saat kembali ke Afghanistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)