Balas Dendam ke Militer, Gerombolan Bandit Bantai 200 Penduduk Desa

Minggu, 09 Januari 2022 - 09:55 WIB
loading...
A A A
Kabir Adamu, seorang analis keamanan di Beacon Consulting Nigeria yang berbasis di Abuja, mengatakan kepada AFP bahwa serangan minggu ini mungkin sebagai tanggapan terhadap operasi militer.

“Marah dengan ini, dan mungkin dengan fakta bahwa mereka menghadapi kematian tertentu, (mereka) memutuskan untuk pindah ke lokasi lain dan dalam perjalanan ini mereka tampaknya melakukan serangan ini,” kata Adamu.

Ada serangkaian serangan di barat laut Nigeria, yang mengalami peningkatan tajam dalam penculikan massal serta kejahatan kekerasan lainnya sejak akhir 2020 ketika pemerintah berjuang untuk menjaga hukum dan ketertiban.



Dalam insiden terpisah, 30 mahasiswa yang diculik dari kampus mereka di negara bagian Kebbi, Nigeria barat laut, dibebaskan pada Sabtu, kata juru bicara gubernur Kebbi, tanpa memberikan perincian.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa militer telah memperoleh lebih banyak peralatan untuk melacak dan melenyapkan geng-geng kriminal yang telah membuat orang menjadi sasaran teror, termasuk melalui pengenaan pajak ilegal terhadap masyarakat yang dikepung.

"Serangan terbaru terhadap orang tak bersalah oleh bandit adalah tindakan putus asa oleh pembunuh massal, sekarang di bawah tekanan tanpa henti dari pasukan militer kami," kata Buhari.

Pada hari Rabu, pemerintah Nigeria secara resmi melabeli bandit sebagai teroris, untuk memberikan sanksi yang lebih keras terhadap orang-orang bersenjata yang dihukum, informan dan pendukung mereka.

"Kami memberi label mereka teroris...kami akan menghadapi mereka seperti itu," kata Buhari kepada Nigeria TV minggu ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)