Menlu Taliban Kunjungi Iran, Bahas Apa Saja?

Minggu, 09 Januari 2022 - 04:08 WIB
loading...
Menlu Taliban Kunjungi Iran, Bahas Apa Saja?
Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri (Menlu) Taliban Amir Khan Muttaqi mengunjungi Iran pada Sabtu (8/1/2022) untuk membahas pengungsi Afghanistan dan krisis ekonomi yang memburuk.

Ini menjadi perjalanan pertama pejabat Taliban ke negara tetangga itu sejak kelompok itu merebut kekuasaan di Afghanistan.

Iran, seperti negara-negara lain, sejauh ini tidak mengakui pemerintah baru yang dibentuk Taliban setelah mengambil alih kekuasaan di tengah penarikan tergesa-gesa pasukan asing pimpinan Amerika Serikat (AS) pada Agustus.



“Kunjungan itu bertujuan diskusi tentang masalah politik, ekonomi, transit dan pengungsi antara Afghanistan dan Iran,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Taliban Abdul Qahar Balkhi di Twitter.



Sudah menjadi tuan rumah bagi jutaan warga Afghanistan dan takut akan gelombang baru, Teheran berusaha membuat sketsa pemulihan hubungan dengan Taliban.



“Delegasi Taliban yang dipimpin Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi telah mengadakan pertemuan pendahuluan dengan para pejabat Iran,” ungkap dia.

Syiah Iran, yang berbagi perbatasan 900 kilometer dengan Afghanistan, tidak mengakui kekuasaan gerakan Sunni Taliban selama masa kekuasaan mereka tahun 1996 hingga 2001.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)