Didukung AS dan Israel, Maroko Bangun Pangkalan Pertahanan Udara Baru

Rabu, 05 Januari 2022 - 11:46 WIB
loading...
Didukung AS dan Israel, Maroko Bangun Pangkalan Pertahanan Udara Baru
Citra satelit memperlihatkan Maroko sedang membangun pangkalan pertahanan udara baru di Sidi Yahya el-Gharb. FOTO/Planet Labs
A A A
RABAT - Citra satelit menunjukkan Maroko sedang membangun pangkalan pertahanan udara baru di Sidi Yahya el-Gharb, yang terletak di timur laut ibu kota Rabat. Sebuah sumber memberi Defense News gambar yang diambil melalui Google Earth.

Sumber dengan syarat anonim itu tidak membagikan koordinat yang tepat dengan alasan keamanan nasional. Namun, penelusuran Defense News menunjukkan pangkalan itu terletak di sekitar 34.29753301432181, -6.283922702669312.



“Fasilitas itu jelas merupakan pangkalan pertahanan udara,” kata Jeffrey Lewis, yang memimpin Proyek Nonproliferasi Asia Timur di Institut Studi Internasional Middlebury di Monterey pada Defense News, Rabu (5/1/2022).

Pernyataan itu dilontarkannya setelah menerima koordinat dan gambar yang diperbarui dari 2 Januari, yang disediakan bersama dengan Planet Lab. China North Industries Group Corporation Limited — biasa disebut sebagai NORINCO — mengirimkan 24 rudal permukaan-ke-udara jarak menengah Sky Dragon 50 ke Maroko pada Desember 2017.

Negara Afrika itu juga telah membeli sistem pertahanan rudal jarak pendek Prancis VL Mika. Kontrak senilai USD226 juta untuk sistem peluncuran vertikal ditandatangani antara pembuat rudal Eropa MBDA dan Maroko pada 2019.



Kemungkinan pangkalan itu akan menampung unit pertahanan udara, pusat pemeliharaan, perumahan militer dan gedung administrasi lainnya. Mohammad Shkeir, seorang ahli militer dan keamanan yang berbasis di Maroko, mengharapkan pangkalan itu akan mengoperasikan sistem pertahanan udara dari beberapa negara.

“Pangkalan ini akan mengoperasikan sistem pertahanan udara yang diperoleh dari China, sistem rudal Patriot (Kemampuan Lanjut)-3 dari Amerika Serikat, serta sistem pertahanan dari Israel, setelah kunjungan menteri pertahanan Israel baru-baru ini ke Maroko dan perjanjian yang ditandatangani di hal ini,” kata Shkeir.

Sebuah laporan 19 Desember di Defensa.com mengklaim pangkalan itu sudah menampilkan sistem rudal permukaan-ke-udara FD-2000 China. Tetapi, Harfi mengatakan dia belum melihat kontrak pengadaan antara Maroko dan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)