Kebakaran Hebat Hanguskan Ratusan Rumah di Colorado, Puluhan Ribu Mengungsi

Jum'at, 31 Desember 2021 - 19:12 WIB
loading...
Kebakaran Hebat Hanguskan Ratusan Rumah di Colorado, Puluhan Ribu Mengungsi
Kebakaran yang hanguskan ratusan rumah di Colorado. FOTO/Reuters
A A A
COLORADO - Ratusan rumah hancur dan puluhan ribu orang dievakuasi di Colorado, Amerika Serikat (AS), setelah kebakaran hutan yang didorong oleh angin kencang melanda dua kota di dekat ibu kota negara bagian Denver.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Setidaknya satu responden pertama dan enam lainnya terluka pada Kamis (30/12/2021), meskipun Sheriff Boulder County, Joe Pelle mengakui mungkin ada lebih banyak korban karena intensitas kebakaran yang dengan cepat menyapu seluruh wilayah saat angin bertiup hingga 169 kilometer per jam.



Pihak berwenang memerintahkan evakuasi untuk Louisville, yang memiliki sekitar 21.000 penduduk, dan Superior, rumah bagi 13.000 orang dan pinggiran Boulder. Kota-kota tetangga kira-kira 32km (20 mil) barat laut Denver, sebuah kota berpenduduk lebih dari 715.000 orang.

Gumpalan asap yang menjulang dari kebakaran hutan terlihat di Denver. Beberapa bangunan terlihat terbakar di Superior. Penduduk dievakuasi dengan cukup tenang dan tertib, tetapi jalan-jalan berliku di subdivisi pinggiran kota dengan cepat menjadi tersumbat ketika orang-orang mencoba keluar. Akibatnya, terjadi kemacetan di jalur keluar kota.

“Kebakaran pertama meletus tepat sebelum pukul 10:30 pagi dan menyebar dengan cukup cepat. Kebakaran hutan kedua dilaporkan terjadi tepat setelah jam 11 pagi, dan menyebar dengan cepat ke timur,” tambah Pelle.

Kobaran api membentang 6,5 kilometer persegi dan telah menelan bagian-bagian daerah itu di langit yang berasap dan berwarna oranye dan membuat penduduk berebut untuk mendapatkan tempat yang aman.



Aktivitas api, yang membakar luar biasa di akhir musim dingin, akan tergantung pada bagaimana angin berperilaku dalam semalam dan dapat menentukan kapan kru bisa masuk dan mulai menilai kerusakan dan mencari korban.

“Ini adalah jenis api yang tidak bisa kita lawan secara langsung,” kata Pelle. “Kami sebenarnya memiliki wakil sheriff dan petugas pemadam kebakaran di daerah-daerah yang harus ditarik karena mereka baru saja diserbu,” tambahnya.

Laporan berita mengatakan sedikitnya 580 rumah, hotel dan pusat perbelanjaan telah terbakar. Menurut Denver Post, kebakaran tersebut adalah yang paling merusak dalam sejarah Colorado dalam hal jumlah rumah yang hancur.

Gubernur Jared Polis menyatakan keadaan darurat untuk memungkinkan penggunaan dana bencana untuk mendukung upaya tanggap darurat dan mobilisasi Pengawal Nasional Colorado dan sumber daya negara bagian lainnya sesuai kebutuhan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)