Kepala WHO Khawatir Omicron dan Delta Picu Tsunami COVID-19

Kamis, 30 Desember 2021 - 04:43 WIB
loading...
Kepala WHO Khawatir...
Kepala WHO khawatir varian Omicron dan Delta picu tsunami COVID-19. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JENEWA - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku khawatir varian Omicron dan Delta akan memicu terjadinya tsunami COVID-19 . Meski begitu, ia masih berharap bahwa dunia akan melupakan pandemi terburuk di tahun 2022.

Dua tahun setelah virus Corona baru ini pertama kali muncul, pejabat tinggi badan kesehatan PBB tersebut memperingatkan bahwa masih terlalu dini untuk diyakinkan oleh data awal yang menunjukkan bahwa Omicron, varian terbaru, menyebabkan penyakit yang lebih ringan.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan bulan lalu di Afrika selatan, dan kini telah menjadi varian dominan di Amerika Serikat (AS) dan sebagian Eropa.

Dan setelah 92 dari 194 negara anggota WHO melewatkan target untuk memvaksinasi 40% dari populasi mereka pada akhir tahun ini, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak semua orang untuk membuat “resolusi tahun baru” untuk mendukung kampanye vaksinasi 70 % populasi negara pada awal Juli.



Menurut angka WHO, jumlah kasus COVID-19 yang tercatat di seluruh dunia meningkat 11% minggu lalu dibandingkan dengan minggu sebelumnya, dengan hampir 4,99 juta baru dilaporkan dari 20-26 Desember.

Kasus baru di Eropa - yang menyumbang lebih dari setengah dari total kasus - naik 3%, sementara di Amerika naik 39% dan ada peningkatan 7% di Afrika. Keuntungan global mengikuti peningkatan bertahap sejak Oktober.

“Saya sangat prihatin bahwa Omicron, yang lebih menular (dan) beredar pada saat yang sama dengan Delta, menyebabkan tsunami kasus,” kata Tedros pada konferensi pers online seperti dikutip dari AP, Kamis (30/12/2021).

Itu, katanya, akan memberikan tekanan besar pada petugas kesehatan yang kelelahan dan sistem kesehatan di ambang kehancuran.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)