4 Fakta Pangeran Arab Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan Pemilik Manchester City

Rabu, 29 Desember 2021 - 13:51 WIB
loading...
4 Fakta Pangeran Arab Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan Pemilik Manchester City
Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan merupakan anggota dinasti Nahyan di Abu Dhabi, UEA. Foto/REUTERS
A A A
DOHA - Lahir pada 20 November 1970, Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan merupakan anggota dinasti Nahyan di Abu Dhabi, bagian dari Uni Emirat Arab.

Ia merupakan putra Sheikh Zayed ibn Sultan Al Nahyan, penguasa emirat Abu Dhabi di periode 1966 hingga 2004, dan presiden Uni Emirat Arab pada 1971-2004.

Sheikh Mansour menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Uni Emirat Arab dan Menteri Urusan Kepresidenan. Tidak hanya itu, ia juga merupakan Ketua Dewan Pengembangan Kementerian, Otoritas Investasi Emirates dan Dana Pembangunan Abu Dhabi, serta anggota Dewan Perminyakan Tertinggi Abu Dhabi dan duduk di Dewan Berbagai Lembaga Investasi.

Selain di bidang politik, ia dikenal sebagai salah satu pengusaha kenamaan Uni Emirat Arab yang memiliki minat di bidang otomotif. Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta mengenai Sheikh Mansour.

1. Pemilik Manchester City

Sheikh Mansour diketahui mengambil alih grup sepak bola Manchester City dari tangan Thaksin Shinawatra pada 4 Agustus 2008. Ia menginvestasikan ÂŁ2,5 miliar (USD3,5 miliar) untuk klub tersebut hingga saat ini.

Sejak berpindah kepemilikan, klub sepak bola asal Inggris ini mengalami kenaikan pesat hingga mampu masuk ke dalam deretan klub sepak bola elite dunia.

Dalam 13 tahun di bawah Sheikh Mansour, Manchester City telah memenangkan lima gelar Liga Inggris, dua Piala FA, dan enam Piala EFL.

Keberhasilan Manchester City berlaga di lingkup domestik menjadikan Sheikh Mansour masuk ke dalam daftar pemilik tim sepak bola Eropa paling sukses sepanjang masa.

2. Total Kekayaan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)