AS Tak Terima Hampir 1.000 Jet Tempur China Terabas ADIZ Taiwan

Rabu, 29 Desember 2021 - 02:29 WIB
loading...
AS Tak Terima Hampir 1.000 Jet Tempur China Terabas ADIZ Taiwan
Hampir 1.000 jet tempur China menerobos ADIZ Taiwan selaman tahun 2021. Foto/Ilustrasi
A A A
TAIPEI - Pejabat senior Amerika Serikat (AS) di Taiwan mengatakan Washington telah mendorong Beijing untuk menghentikan penerbangan militernya yang sering dilakukan di dekat pulau itu.

Direktur Institut Amerika di Taiwan (AIT), yang merupakan kedutaan de facto AS di Taipei, Sandra Oudkirk mengatakan kegiatan itu berisiko salah perhitungan di antara pemerintah di Selat Taiwan, perairan sempit yang memisahkan Taiwan yang demokratis dari Republik Rakyat China (RRC).

Oudkirk, yang merupakan wanita pertama yang memegang peran sebagai Direktur AIT, memulai masa jabatannya selama tiga tahun pada bulan Juli. Pernyataannya muncul selama wawancara kasual yang diterbitkan Senin oleh YouTuber Taiwan Ray Du, yang salurannya menerbitkan materi pendidikan bahasa Inggris.

Pejabat pertahanan Taiwan mengatakan kepada anggota parlemen setempat sebelum Natal jumlah serangan mendadak pesawat tempur China ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan (ADIZ) - wilayah udara internasional sekitar 100 hingga 150 mil barat daya pulau itu - telah mencapai lebih dari 940 sejak Januari. Penerbangan sekarang berjumlah 961 pada Selasa (28/12/2021), dengan tambahan lima pesawat militer China terdeteksi di dalam ADIZ pada hari itu, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan.



Ditanya tentang aktivitas yang meningkat, yang dimaksudkan untuk mengintimidasi Taiwan dan juga menolak keberadaan AS, Oudkirk mengatakan: “Kami percaya bahwa serangan udara ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan tidak stabil. Mereka berisiko salah perhitungan.”

"Kami sangat mendorong RRC untuk berhenti melakukan itu," katanya kepada Du, menekankan bahwa AS juga telah blak-blakan tentang tindakan Beijing di Laut Cina Selatan.

"Saya pikir cara terbaik untuk meminta pertanggungjawaban RRC, atau negara mana pun, adalah agar komunitas internasional berkumpul dan berbicara dengan satu suara, dan mengatakan ini tidak dapat diterima," katanya.



Jawaban Oudkirk berbicara dengan strategi pemerintahan Joe Biden yang lebih luas untuk mengumpulkan sekutu di sekitar masalah yang menjadi perhatian global, termasuk perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan - sebuah fakta yang tidak hilang dari kepemimpinan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)