Israel Ancam Bisa Serang Iran Besok, Hizbullah Mungkin Membalas

Selasa, 28 Desember 2021 - 20:05 WIB
loading...
Israel Ancam Bisa Serang Iran Besok, Hizbullah Mungkin Membalas
Jet tempur F15-E terbang untuk misi di Jalur Gaza dari pangkalan Tel Nof, Israel, 19 November 2012. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel memiliki kemampuan melakukan serangan yang sukses di fasilitas nuklir Iran paling cepat besok. Pernyataan itu diungkapkan Kepala Angkatan Udara Israel Mayor Jenderal Tomer Bar yang akan resmi dilantik April mendatang.

“Israel dapat berhasil menyerang program nuklir Iran besok, jika perlu,” ujar Mayor Jenderal Tomer Bar, dilansir Jerusalem Post pada Rabu (22/12/2021).

“Saya harus berasumsi itu akan terjadi di waktu saya, dan pundak saya sudah memahami beratnya tanggung jawab,” papar dia, dilansir Al Arabiya pada Senin (27/12/2021).



Dia menekankan bahwa Israel dapat berhasil menghancurkan fasilitas nuklir Iran. "Tidak mungkin kami akan beroperasi di sana, seribu kilometer dari sini, dan saya akan kembali ke rumah tanpa bisa mengatakan 'Saya menyelesaikan misi,'" ungkap dia.



Amerika Serikat (AS) telah lama mengatakan jika diplomasi gagal dengan Iran, dia bersedia beralih ke "rencana B", tanpa merinci rinciannya.

Sementara itu, sekutu Washington, Israel, telah menjadi tidak sabar dan telah berulang kali mengumumkan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan serangan militer terhadap sasaran nuklir Iran.

Bar percaya bahwa jika Israel menyerang Iran, milisi Syiah Lebanon, Hizbullah, akan menyerang Tel Aviv.

"Saya harus berasumsi bahwa dia (Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah) akan secara otomatis masuk. Tiga puluh tahun dia telah menunggu perintah ini dan tidak mungkin dia tidak akan berada di sana dan dengan intensitas tertinggi. Kita harus bersiap untuk ini," papar Bar.

Bar menekankan bahwa potensi perang ketiga dengan Lebanon akan menghasilkan kemenangan Israel.

"Bahkan Hizbullah... tidak tahu bagaimana membayangkan kekuatan kita," janjinya.

Dia memperingatkan, “Mungkin mereka akan mencoba membawa pasukan khusus atau menembak di depan rumah, tetapi kami tidak lagi dalam skala ini. Kami menginginkan kemenangan yang jelas kali ini, dalam waktu yang lebih singkat dan dengan kerugian yang lebih sedikit.”
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0711 seconds (0.1#10.140)