Turki Berarti Kalkun, Erdogan Ingin Ganti Nama Negara Jadi Turkiye

Selasa, 28 Desember 2021 - 08:53 WIB
loading...
Turki Berarti Kalkun, Erdogan Ingin Ganti Nama Negara Jadi Turkiye
Pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan ingin ganti nama negara Turkey atau Turki menjadi Turkiye. Foto/Sputnik/Vladimir Smirnov/Pool via REUTERS
A A A
ANKARA - Pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan ingin mengganti nama negara Turkey atau Turki menjadi Turkiye. Salah satu alasannya untuk menjauhkan negara itu dari pemaknaan ayam kalkun.

Dalam Kamus Cambridge, kata Turkey memang bermakna ayam kalkun.

Komunike resmi dari Presiden Erdogan mengeklaim langkah penggantian nama negara adalah yang terbaik untuk mewakili bangsa Turki.

Baca juga: Erdogan Menjamu Rabi di Istana: Hubungan Turki dan Israel Akan Selalu Kuat

Perubahan tersebut akan diterapkan dalam komunikasi resmi dan pada produk ekspor.

"Ungkapan Türkiye mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, dan nilai-nilai bangsa dengan cara terbaik," bunyi pernyataan pemerintah Erdogan, seperti dilansir Mail Online, Senin (27/12/2021).



"Dalam konteks ini, frasa 'Made in Türkiye' sekarang digunakan sebagai ganti 'Made in Turkey' pada produk ekspor," lanjut pernyataan pemerintah.

Negara ini sebenarnya sudah mengadopsi nama Türkiye setelah mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1923, tetapi negara-negara Barat menggunakan nama Turkey.

Turki bukan satu-satunya negara yang memilih untuk mengubah nama. Pada tahun 2019, Belanda menghapus nama Holland dan menggantinya dengan Netherlands.

Pada tahun 2016, Republik Ceko mengumumkan ingin dikenal sebagai Czechia.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2961 seconds (11.97#12.26)