Langka, Covid-19 Ditularkan Orang Tanpa Gejala

Selasa, 09 Juni 2020 - 16:34 WIB
loading...
Langka, Covid-19 Ditularkan Orang Tanpa Gejala
WHO menyatakan kasus penularan virus Corona dari orang tanpa gejala jarang terjadi. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Penularan virus Corona baru, Covid-19, oleh seseorang yang tidak menunjukkan gejala jarang terjadi. Hal itu diungkapkan pemimpin teknis untuk respon virus Corona dan kepala unit penyakit serta zoonosis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Maria Van Kerkhove.

"Dari data yang kami miliki, tampaknya masih jarang bahwa orang tanpa gejala benar-benar mentransmisikan ke individu sekunder," kata Van Kerkhove.

"Kami memiliki sejumlah laporan dari negara-negara yang melakukan pelacakan kontak yang sangat rinci. Mereka mengikuti kasus tanpa gejala, mereka mengikuti kontak dan mereka tidak menemukan transmisi sekunder. Ini sangat jarang - dan banyak dari itu adalah tidak diterbitkan dalam literatur," imbuhnya.

"Kami terus-menerus melihat data ini dan kami berusaha mendapatkan lebih banyak informasi dari setiap negara untuk benar-benar menjawab pertanyaan ini. Tampaknya masih jarang bahwa individu tanpa gejala benar-benar mentransmisikan ke orang lain," jelasnya seperti dikutip dari CNN, Selasa (9/6/2020).

Van Kerkhove melanjutkan untuk menggambarkan bagaimana virus Corona baru, patogen pernapasan, menyebar melalui droplet, yang dapat dilepaskan ketika seseorang batuk atau bersin.

"(Virus) ini berpindah dari seseorang melalui tetesan infeksi. Jika kita benar-benar mengikuti semua kasus simptomatik, mengisolasi kasus-kasus itu, mengikuti kontak dan mengkarantina kasus-kasus itu, kita akan mengurangi secara drastis - saya akan senang dapat memberikan proporsi bagaimana banyak transmisi yang akan kami hentikan - tetapi ini akan menjadi pengurangan drastis dalam transmisi," tuturnya.

Van Kerkhove juga mengatakan bahwa apa yang tampaknya merupakan kasus Covid-19 yang asimptomatik sering berubah menjadi kasus penyakit ringan.

"Ketika kita benar-benar kembali dan kita mengatakan berapa banyak dari mereka yang benar-benar tanpa gejala, kita mengetahui bahwa banyak dari mereka memiliki penyakit yang sangat ringan," ujar Van Kerkhove.

"Mereka bukan tanda kutip, gejala Covid, yang berarti mereka mungkin belum mengalami demam, mereka mungkin tidak memiliki batuk yang signifikan, atau mereka mungkin tidak memiliki sesak napas - tetapi beberapa mungkin memiliki penyakit ringan," ucapnya.

"Setelah mengatakan itu, kita tahu bahwa mungkin ada orang yang benar-benar tanpa gejala," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)