Senator AS: China Bantu Arab Saudi Produksi Rudal Sangat Mengkhawatirkan

Sabtu, 25 Desember 2021 - 03:38 WIB
loading...
Senator AS: China Bantu Arab Saudi Produksi Rudal Sangat Mengkhawatirkan
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi (kiri) bersama Presiden China Xi Jinping. China telah membantu Arab Saudi memproduksi rudal balistik sendiri. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Senator Amerika Serikat (AS), Ed Markey, mengatakan langkah China membantu Arab Saudi memproduksi rudal balistiknya sendiri sangat mengkhawatirkan. Menurutnya, hal itu dapat memicu perlombaan senjata baru di kawasan Timur Tengah.

Sebelumny, CNN melaporkan pada hari Kamis bahwa pejabat intelijen AS percaya Riyadh—berkat bantuan dari Beijing—bekerja untuk memproduksi rudal balistiknya sendiri, di mana di masa lalu hanya mengimpornya dari asing.



Beberapa pejabat di berbagai lembaga, termasuk Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, dilaporkan telah diberitahu tentang transfer signifikan teknologi rudal balistik dari China ke Arab Saudi.

Markey—anggota Komite Senat untuk Hubungan Luar Negeri, dan subkomitenya yang menangani Timur Tengah—menanggapi dengan memperjelas keprihatinannya.

"Laporan bahwa China membantu program rudal balistik Arab Saudi sangat mengkhawatirkan, tetapi tidak mengejutkan," tulis Markey di Twitter, mendesak rekan-rekannya untuk bertindak.

"Kongres harus mengesahkan Undang-Undang WMD [Weapons of Mass Destruction] Saudi saya untuk mencegah program senjata ilegal Saudi yang dapat memicu perlombaan senjata di wilayah itu," lanjut Markey, seperti dikutip Newsweek, Jumat (24/12/2021).

Rancangan Undang-Undang itu diajukan kembali oleh Markey pada bulan April bersama dengan Senator Jeff Merkley, Joaquin Castro, dan Ted Lieu.

Undang-undang tersebut bertujuan untuk mengembalikan pengawasan dan mengambil langkah-langkah untuk menghalangi akses ke teknologi sensitif yang dapat membuka jalan bagi Arab Saudi untuk memperoleh senjata nuklir.

Situasi geopolitik yang tegang di Timur Tengah—sebagian besar sekarang terpecah menjadi dua blok yang dipimpin oleh Iran di satu sisi, dan kemitraan AS-Saudi-Israel di sisi lain—mendorong perlombaan senjata baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)