Beijing Kirim Bala Bantuan ke Solomon usai Kerusuhan Anti-China

Sabtu, 25 Desember 2021 - 00:03 WIB
loading...
Beijing Kirim Bala Bantuan ke Solomon usai Kerusuhan Anti-China
Beberapa bangunan di kawasan Pecinan di Honiara, Kepulauan Solomon, dibakar massa dalam kerusuhan anti-China pada November 2021 lalu. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Beijing mengumumkan akan mengirim bala bantuan ke Kepulauan Solomon yang dilanda kerusuhan anti-China November lalu. Bala bantuan yang akan dikirim adalah penasihat polisi dan perlengkapan anti-huru hara.

Pengumuman itu disampaikan hari Kamis, sehari setelah pasukan penjaga perdamaian asing mulai meninggalkan negara Pasifik tersebut.



Krisis di rantai pulau berpenduduk 800.000 orang itu pecah pada November ketika pengunjuk rasa mencoba menyerbu Parlemen dan kemudian mengamuk selama tiga hari, membakar sebagian besar bangunan dan toko di kawasan Chinatown atau Pecinan di ibu kota setempat, Honiara.

Kerusuhan dimulai dengan gerakan perlawanan terhadap Perdana Menteri (PM) Manasseh Sogavare dan sebagian dipicu oleh kemiskinan, pengangguran dan persaingan antar-pulau.

Tetapi subplot dari kerusuhan itu adalah upaya PM Sogavare untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan Beijing setelah tiba-tiba memutuskan hubungan lama pulau itu dengan Taiwan pada 2019.

China menolak setiap kontak resmi antara negara lain dan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dilihatnya sebagai wilayahnya yang menunggu reunifikasi.

"Beijing akan segera memberikan dukungan atas permintaan pemerintah Kepulauan Solomon," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian. "Materi dan personel akan tiba dalam waktu dekat," ujarnya.

“China dengan tegas mendukung upaya pemerintah Kepulauan Solomon untuk menjaga stabilitas domestik,” kata Zhao, yang dilansir Reuters, Jumat (24/12/2021).

"Beijing dengan tegas melindungi hak-hak warga negara China di Kepulauan Solomon dan mengutuk keras semua tindakan kekerasan ilegal," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)