Gedung Putih Tolak Mentah-mentah Tuntutan Rusia Terkait NATO

Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:50 WIB
loading...
Gedung Putih Tolak Mentah-mentah Tuntutan Rusia Terkait NATO
Gedung Putih tolak mentah-mentah tuntutan Rusia terkait NATO. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak akan menyetujui proposal keamanan Rusia terkait NATO , tetapi mungkin menyetujui inisiatif lain. Hal itu diungkapkan Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan.

"Ada proposal yang diajukan oleh Rusia - beberapa akan kami setujui, beberapa tentu tidak akan kami setujui," katanya. Jelas, NATO adalah contoh yang bagus untuk itu.

"NATO adalah aliansi defensif; itu bukan aliansi agresif. Tidak ada bukti yang bertentangan - untuk menyarankan sesuatu yang bertentangan dari Amerika Serikat atau anggota NATO," tambahnya seperti dilansir dari TASS, Jumat (24/12/2021).



Pada saat yang sama, dia menunjukkan bahwa Gedung Putih memandang negosiasi sebagai jalan yang benar ke depan dalam situasi saat ini.

"Kami juga setuju bahwa percakapan diplomatik adalah jalan yang benar ke depan," katanya, seraya menambahkan bahwa pemerintah AS sedang bekerja menuju pembicaraan diplomatik.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin meminta NATO untuk memulai pembicaraan substantif tentang jaminan keamanan jangka panjang yang dapat diandalkan ke Rusia. Dia menekankan bahwa Rusia membutuhkan jaminan yang mengikat secara hukum karena Barat telah gagal memenuhi komitmen verbalnya.

Pada 17 Desember, kementerian luar negeri Rusia merilis dua rancangan perjanjian Rusia terkait jaminan keamanan dari Amerika Serikat dan NATO. Mereka diserahkan ke pihak AS pada 15 Desember, selama pertemuan di Kementerian Luar Negeri Rusia.



Pada 17 Desember, Kementerian Luar Negeri Rusia merilis rancangan perjanjian tentang jaminan keamanan yang mengikat secara hukum di pihak Amerika Serikat dan NATO. Dilaporkan bahwa ajudan Kremlin Yury Ushakov memberi tahu Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan tentang kesiapan Moskow untuk segera meluncurkan pembicaraan mengenai rancangan perjanjian tentang jaminan keamanan. Wakil Menteri Luar Negeri Sergey Ryabkov akan mewakili Rusia dalam negosiasi tersebut.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)