Digantikan F-35, 32 Jet Tempur F-16 Bekas Norwegia Ditaksir Rumania

Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:29 WIB
loading...
Digantikan F-35, 32 Jet Tempur F-16 Bekas Norwegia Ditaksir Rumania
Rumania ingin boyong 32 jet tempur F-16 bekas Norwegia. Foto/F-16.net
A A A
OSLO - Rumania ingin membeli 32 jet tempur F-16 dari Norwegia yang akan digantikan oleh pesawat tempur yang lebih canggih F-35. Diperkirakan, rencana ini akan memakan biaya USD514 juta atau sekitar Rp7,2 triliun.

“Pesawat F-16 telah melayani Angkatan Bersenjata dan bangsa selama lebih dari 40 tahun sampai mereka digantikan oleh F-35. Saya sangat senang bahwa Rumania, sekutu NATO, ingin membeli 32 F-16 dari kami,” kata Menteri Pertahanan Norwegia, Odd-Roger Enoksen, seperti dilansir dari Sputnik, Jumat (24/12/2021).

Meskipun telah berusia beberapa dekade, jet tempur F-16 digambarkan sebagai “pesawat tangguh” yang diharapkan memberi angkatan udara Rumania tambahan yang signifikan dan cepat dalam kekuatan tempur mereka.

Pada tahun 2019, Kementerian Pertahanan menugaskan Badan Materiel Pertahanan Norwegia untuk menyingkirkan sistem jet tempur F-16 sesuai dengan peraturan saat ini. Penjualan kembali jet tempur F-16 memerlukan persetujuan pihak ketiga dari otoritas Amerika Serikat (AS) dan untuk ekspor, seperti dalam kasus ini, lisensi ekspor dari Kementerian Luar Negeri Norwegia sendiri juga diperlukan.

Baca juga: Kehadiran Jet Tempur F-35 Bikin Bising Bandara Sipil di Norwegia

“Proses penjualan peralatan militer jenis ini ke negara lain sangat luas, dan ada juga beberapa pemain di pasar," terang direktur Defense Material Agency Mette Sorfonden.

“Jet tempur kami termasuk yang terbaik di dunia dan telah ditingkatkan secara berkala. Saya yakin pesawat kami akan melayani Rumania dengan baik untuk beberapa tahun mendatang,” tambahnya.

Layanan Pemeliharaan Penerbangan Kongsberg dipilih sebagai mitra strategis dari kesepakatan tersebut untuk memberikan dukungan, pemeliharaan, dan pelatihan kepada personel teknis Rumania.

Badan Materiel Pertahanan sekarang akan mulai menjelaskan rincian dan menyelesaikan kontrak antara negara-negara. Sebelum pesawat-pesawat tempur itu diserahkan ke Rumania, mereka dijadwalkan menjalani perawatan. Rencananya, pesawat pertama akan diserahkan pada 2023 dan terakhir 2024.

Baca juga: Norwegia Bakal Persenjatai Jet Tempur Siluman F-35 dengan Rudal Canggih JSM
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2221 seconds (11.97#12.26)