Fregat Rusia Lepaskan Rudal Hipersonik Tsirkon dari Laut Putih

Jum'at, 17 Desember 2021 - 06:30 WIB
loading...
Fregat Rusia Lepaskan Rudal Hipersonik Tsirkon dari Laut Putih
Fregat Rusia lepaskan rudal hipersonik Tsirkon dari Laut Putih. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Fregat Admiral Gorshkov milik Rusia yang tergabung dalam Armada Utara menembakkan rudal hipersonik Tsirkon dari Laut Putih. Rudal itu berhasil mengenai target di tempat pengujian Chizha, di Wilayah Arkhangelsk. Demikian dinyatakan Kementerian Pertahanan Rusia kepada wartawan, Kamis (16/12/2021).

“Awak fregat Admiral Gorshkov melakukan peluncuran rudal Tsirkon lainnya dalam rangka menyelesaikan serangkaian uji coba senjata rudal hipersonik. Peluncuran dilakukan dari perairan Laut Putih dengan posisi target pantai yang terletak di Chizha, di Wilayah Arkhangelsk," kata badan militer Rusia, seperti dikutip dari kantor berita TASS.



Kementerian Pertahanan menyatakan, menurut data kontrol objektif, lintasan rudal hipersonik memenuhi parameter yang dikonfigurasi, dan targetnya tercapai. Kapal permukaan dan penerbangan Angkatan Laut Armada Utara terlibat dalam peluncuran dan pengamanan daerah tersebut.

Sebelumnya, pada 29 November, fregat Admiral Gorshkov berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal hipersonik Tsirkon dari Laut Putih ke target laut pada jarak lebih dari 400 kilometer dalam rangka menyelesaikan serangkaian uji coba senjata rudal hipersonik.



Sebelumnya, sebuah sumber mengatakan kepada TASS bahwa Reutov Research and Industrial Association of Machine-Building mulai menandatangani kontrak produksi serial rudal jelajah Tsirkon hipersonik terbaru untuk Angkatan Laut Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan pada 3 November, bahwa uji coba rudal jelajah hipersonik Tsirkon hampir selesai dan mereka akan mulai tiba untuk Angkatan Laut Rusia mulai tahun depan. Putin juga mengatakan bahwa rudal hipersonik Tsirkon yang mampu terbang dengan kecepatan 9 Mach (sembilan kali kecepatan suara) dan menyerang target pada jarak lebih dari 1.000 km akan segera siaga tempur.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)