Adik Pendiri Korut Meninggal, Kim Jong-un Berduka

Kamis, 16 Desember 2021 - 18:44 WIB
loading...
Adik Pendiri Korut Meninggal, Kim Jong-un Berduka
Kim Yong-ju, adik pendiri Korea Utara (Korut) Kim Il-sung, meninggal dunia. Pemimpin Korut Kim Jong-un berduka. Foto/Kyodo/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Kim Yong-ju, adik dari pendiri Korea Utara (Korut) Kim Il-sung yang pernah dianggap sebagai pejabat nomor 2 negara itu, telah meninggal dunia. Pemimpin negara tersebut, Kim Jong-un , berduka dengan mengirim karangan bunga.

Kim Il-sung adalah kakek Kim Jong-un. "Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas kematian dan mengirimkan karangan bunga belasungkawa," tulis kantor berita pemerintah, Korea Central News Agency (KCNA), Kamis (16/12/2021).



“Kim Yong-ju dengan setia berjuang untuk menerapkan garis dan kebijakan Partai (Buruh) dan memberikan kontribusi untuk mempercepat konstruksi sosialis dan mengembangkan sistem sosial negara ala Korea, sambil bekerja di pos-pos penting partai dan negara selama bertahun-tahun," lanjut KCNA.

Laporan berita itu tidak menyebutkan secara pasti kapan Kim Yong-ju meninggal.

Menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan, ia lahir pada tahun 1920, yang berarti bahwa ia berusia 100 atau 101 pada saat kematiannya.

Tiga generasi keluarga Kim telah memerintah Korea Utara sejak Kim Il-sung mendirikan negara itu pada tahun 1948. Ketika Kim Il-sung meninggal pada tahun 1994, putra sulungnya, Kim Jong-il, mewarisi kekuasaan.

Kim Jong-un adalah putra ketiga dan bungsu Kim Jong-il dan mengambil alih kekuasaan setelah kematian ayahnya pada tahun 2011.

Selama pemerintahan Kim Il-sung, banyak pakar luar memandang Kim Yong-ju sebagai pejabat paling kuat kedua di Korea Utara atau bahkan pewaris saudara laki-lakinya.

Dia memegang banyak posisi teratas seperti direktur organisasi dan departemen bimbingan dan anggota Politbiro, keduanya di Partai Buruh yang berkuasa. Pada tahun 1972, ia mewakili Korea Utara dalam menandatangani perjanjian perdamaian penting dengan Korea Selatan, komunike bersama besar pertama para pesaing tentang reunifikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)