Adik Pendiri Korut Meninggal, Kim Jong-un Berduka

Kamis, 16 Desember 2021 - 18:44 WIB
loading...
A A A


Kim Yong-ju secara bertahap memudar dari panggung politik setelah Kim Jong-il mengambil alih jabatan direktur departemen Partai Buruh pada tahun 1973. Itu sebuah langkah yang dilihat oleh orang luar sebagai langkah kunci di jalan untuk menggantikan Kim Il-sung.

Posisi Kim Jong-il sebagai penerus diumumkan pada kongres partai pada tahun 1980.

Setelah hampir dua dekade mengasingkan diri, Kim Yong-ju diangkat menjadi wakil presiden dan mendapatkan kembali keanggotaan Politbironya pada tahun 1993. Penunjukan itu dilakukan setelah Kim Jong-il mengamankan statusnya sebagai pemimpin berikutnya, dan para ahli mengatakan Kim Yong-ju tidak memegang kendali substansi kekuasaan dalam urusan-urusan penting negara.

Dia kemudian menjabat sebagai wakil ketua kehormatan komite tetap Majelis Rakyat Tertinggi, parlemen stempel karet Utara, dan sebagai delegasi ke Majelis. Sebelum laporan hari Rabu tentang kematiannya, aktivitas publik terakhir yang diketahui adalah pada tahun 2015, ketika televisi pemerintah menunjukkan dia membungkuk di depan potret Kim Il-sung dan Kim Jong-il setelah memberikan suara selama pemilihan lokal.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0770 seconds (0.1#10.140)