Karzai Sebut Undang Taliban ke Kabul Sebelum Pengambilalihan

Kamis, 16 Desember 2021 - 00:10 WIB
loading...
Karzai Sebut Undang Taliban ke Kabul Sebelum Pengambilalihan
Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Foto/TASS
A A A
KABUL - Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press bahwa Taliban diundang ke Ibu Kota sebelum pengambilalihan Kabul pada 15 Agustus.

Karzai mengungkapkan bahwa dia telah mengundang Taliban, yang telah setuju untuk menunggu di luar Kabul, guna membahas kesepakatan pembagian kekuasaan yang dinegosiasikan.

"Negosiasi dengan Taliban untuk mengambil alih secara damai adalah untuk melindungi penduduk sehingga negara, kota tidak jatuh ke dalam kekacauan dan elemen-elemen yang tidak diinginkan yang mungkin akan menjarah negara, menjarah toko-toko," terang Karzai seperti dilansir dari The Hill, Rabu (15/12/2021).

Pada hari Taliban berkuasa, mereka mengatakan kepada pejabat pemerintah Karzai harus tetap di tempat mereka dan mereka tidak akan menyerang.



"Saya dan yang lainnya berbicara dengan berbagai pejabat dan jaminan diberikan kepada kami bahwa, ya, itulah masalahnya, bahwa Amerika dan pasukan pemerintah memegang teguh tempat-tempat (dan) bahwa Kabul tidak akan jatuh," katanya.

Saat negosiasi sedang berlangsung, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan pejabat pemerintah lainnya meninggalkan negara itu, dalam sebuah langkah yang menurut Karzai menghambat kesepakatan transisi damai.

"Itu yang sedang kami persiapkan, apa yang kami harapkan (bersama) dengan ketua dewan perdamaian untuk pergi ke Doha malam itu, atau keesokan paginya, dan untuk menyelesaikan kesepakatan," katanya kepada AP. .

"Dan saya yakin para pemimpin Taliban juga menunggu kami di Doha untuk tujuan yang sama, untuk tujuan yang sama," ia menambahkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)