Kecam Kunjungan Blinken, China Sebut Sebagai Sabotase

Rabu, 15 Desember 2021 - 04:47 WIB
loading...
A A A
Pandangan tersebut, seperti yang diungkapkan oleh Wang, tidak dimiliki oleh semua anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang telah menyambut baik kembalinya kehadiran AS yang berkelanjutan di kawasan itu, yang dipandang sebagai inti dari meningkatnya persaingan antara Washington dan Beijing.

Penataan kembali politik dan militer AS ke Asia tak terhindarkan melibatkan keterlibatan yang lebih dalam dengan ASEAN, yang sering digambarkan sebagai pusat — tidak hanya secara geografis tetapi juga secara ekonomi — untuk masa depan Indo-Pasifik yang lebih luas. Namun, pengamat masih menunggu strategi baru pemerintahan Biden untuk kawasan itu dan kebijakan perdagangan yang dapat menyaingi banyak bujukan China.

Menurut Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perdagangan dan Pembangunan, lebih dari 80 persen perdagangan barang internasional dilakukan melalui laut. Sekitar 60 persen melalui Asia, dan sepertiga melalui Laut Cina Selatan. Ini merilis data perdagangan dalam laporan tahunan Review of Maritime Transport.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)