Iran Pamer Hoveizeh, Rudal Jelajah yang Mampu Capai Israel

Selasa, 14 Desember 2021 - 23:52 WIB
loading...
Iran Pamer Hoveizeh, Rudal Jelajah yang Mampu Capai Israel
Iran memamerkan Hoveizeh, rudal jelajah yang mampu capai Israel. Foto/Russia Today
A A A
TEHERAN - Iran untuk pertama kalinya memamerkan kepada seluruh dunia rudal jelajah Hoveizeh yang dapat dipasang pada jet tempur . Rudal ini diduga merupakan tiruan darirudal Kh-55 buatan Uni Soviet .

Kantor berita Tasnim Iran memposting foto di akun Twitternya yang menunjukkan jet tempur Su-24 buatan Rusia milik Angkatan Udaranya dipasangi rudal jelajah strategis pada Selasa (14/12/2021).



Foto itu muncul ketika Brigadir Jenderal Aziz Nasirzadeh, wakil kepala staf Angkatan Bersenjata, mengunjungi Pangkalan Udara Shahid Doran seperti dikutip dari Russia Today.



Rudal itu diduga sebagai rudal jelajah Hoveizeh, bagian dari keluarga roket Soumar. Banyak orang di luar Iran percaya bahwa rudal itu berasal dari Kh-55 Rusia/Uni Soviet.

Rudal tersebut, yang diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya pada tahun 2019 di tengah perayaan 40 tahun Revolusi Islam 1979, memiliki jangkauan lebih dari 1.350 kilometer. Jangkauan operasi rudal itu berarti membuat musuh bebuyutan Iran, Israel, berada dalam jarak serang.

Meski disebut-sebut sebagai rudal jarak jauh oleh Iran, angka kinerjanya menunjukkan bahwa ia hanya memiliki kemampuan jarak menengah. Rudal ini sebelumnya telah dipasang oleh Iran sebagai roket permukaan-ke-permukaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)