Dulu Para Pria Ini Dapat Cangkok Penis, Tengok Nasib Mereka Sekarang

Selasa, 14 Desember 2021 - 16:04 WIB
loading...
Dulu Para Pria Ini Dapat Cangkok Penis, Tengok Nasib Mereka Sekarang
Tim dokter yang melaksanakan operasi cangkok penis di Afrika Selatan pada 2014. Foto/health-e.org.za
A A A
BEIJING - Transplantasi atau cangkok penis pertama yang berhasil di dunia dilakukan di Afrika Selatan pada 2014. Tetapi itu bukan operasi cangkok penis pertama di dunia.

Pada 2006, dokter di China telah berhasil mentransplantasikan penis seorang pria yang mati otak ke tubuh seorang pria berusia 44 tahun yang telah kehilangan penisnya akibat kecelakaan.

Operasi penis di China itu sukses, dan tubuh penerima tidak menolak penis donor, tetapi dua pekan kemudian, ahli bedah harus memotong penis tersebut.



Tujuh tahun kemudian di Afrika Selatan, pasien berusia 21 tahun yang penisnya diamputasi setelah sunatnya menjadi tidak beres, menjalani operasi cangkok penis.

Puluhan atau bahkan ratusan anak laki-laki dan laki-laki muda diperkirakan kehilangan penis mereka karena sunat tradisional setiap tahun di Afrika Selatan.

Operasi cangkok penis selama sembilan jam selesai pada bulan Desember 2014. Para ahli bedah mengatakan, “Menemukan donor adalah salah satu tantangan utama.”

Pasien yang tidak disebutkan namanya itu pulih dengan cepat dan dengan cepat mendapatkan kembali semua sensasi di penis baru, setelah transplantasi dari pasien yang meninggal.

Profesor Andre van der Merwe, kepala urologi di Universitas Stellenbosch, yang melakukan operasi, mengatakan, “Saya sangat terkejut dengan pemulihannya yang cepat.”

Tim menggunakan teknik yang telah dikembangkan untuk transplantasi wajah untuk menghubungkan pembuluh darah kecil dan saraf.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)