Inggris Bangun Jaringan Kebebasan Global, Puji Peran Indonesia

Senin, 13 Desember 2021 - 15:42 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan, “Dari The Beatles hingga Sarah Gilbert (salah satu kekuatan pendorong di belakang vaksin Oxford-AstraZeneca) hingga Tim Berners-Lee (penemu World Wide Web), kami memiliki pengaruh yang tak tertandingi di dunia.”

Bukti dari hal ini dapat ditemukan dalam tabel kemampuan geopolitik Henry Jackson Society, yang menempatkan Inggris sebagai negara paling kuat kedua di dunia.

Kekuatan itu didasarkan pada kemampuan dan hubungan diplomatik, keuangan dan budaya di seluruh dunia; setidaknya melalui persatuan dengan teman dan keluarga melalui kelompok negara Persemakmuran, yang mencakup sepertiga populasi dunia.

Menteri Luar Negeri Truss menjelaskan bagaimana Inggris akan terlibat dengan negara lain. “Kami tidak akan menceramahi orang lain, sebaliknya kami akan memimpin dengan memberi contoh. Kami tidak akan menunjukkan kekhawatiran namun sebaliknya kami akan menjangkau dengan ide dan inspirasi kami,” ujar dia.

“Kami akan mengambil langkah komersil tanpa ragu-ragu, menampung delegasi bisnis dari kota-kota kami di seluruh Inggris, dan membuka jalan menuju perjanjian perdagangan, teknologi dan keamanan yang baru,” tutur dia.

Ekonomi, Perdagangan dan Investasi

Menteri Luar Negeri Truss membedakan apa yang ingin dilakukan Inggris dari yang lain, dengan mengatakan, “Musuh kami berusaha menggunakan ekonomi dan teknologi sebagai alat kontrol. Kami ingin menggunakannya sebagai alat pembebasan. Dan kami akan menggunakan semua pengaruh, ide, dan inspirasi Inggris untuk mencapai ini.”

Dia memperingatkan bahwa kita harus berusaha melawan negara-negara yang mencoba menciptakan “ketergantungan strategis” baik itu pada energi, investasi, atau teknologi.

Dia mencontohkan Rusia dan China. Melalui pinjaman, 44 negara berpenghasilan rendah dan menengah sekarang memiliki utang ke China sebesar lebih dari 10% dari PDB mereka; sementara Rusia berusaha menciptakan monopoli pasokan gas yang “menggaet” negara lain.

Dia mengatakan, “Inggris harus menawarkan alternatif dengan meningkatkan keterlibatan dan investasi kami, menggunakan diplomasi, pengembangan, kebijakan dan tindakan perdagangan dan keamanan untuk membentuk ekonomi global dan memimpin gelombang teknologi berikutnya seperti komputasi kuantum, 6G, kecerdasan buatan dan banyak lagi… Kami bergabung dengan teman-teman kami untuk memenangkan supremasi, menjalin kemitraan baru dengan sesama kekuatan teknologi seperti India dan Indonesia.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)