G7 Bersatu Peringatkan Rusia Jika Nekat Invasi Ukraina

Minggu, 12 Desember 2021 - 07:20 WIB
loading...
G7 Bersatu Peringatkan Rusia Jika Nekat Invasi Ukraina
G7 bersatu peringatkan Rusia jika nekat menginvasi Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
LIVERPOOL - Kelompok Tujuh negara demokrasi terkaya, G7 , berusaha untuk mencegah Rusia menyerang Ukraina , menempatkan persatuan untuk memperingatkan konsekuensi mengerikan untuk setiap serangan. Mereka juga mendesak Moskow untuk kembali ke meja perundingan.

Dipimpin oleh menteri luar negeri Inggris Liz Truss, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, Uni Eropa dan menteri luar negeri dari Perancis, Italia, Jerman, Jepang serta Kanada bertemu di kota Inggris utara Liverpool.

Pertemuan G7 terjadi ketika Barat resah atas ambisi militer dan ekonomi China, kemungkinan gagalnya pembicaraan untuk mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir, dan ketika Rusia mengumpulkan pasukan di perbatasan Ukraina.

Dalam kesempatan itu Inggris menyerukan anggota G7 untuk lebih tegas dalam membela apa yang disebutnya "dunia bebas", dan diskusi terfokus pada Rusia, China dan Iran sepanjang hari. Sebuah pernyataan tentang hasil dari pembicaraan itu dijadwalkan akan dirilis pada hari Minggu.



Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menggambarkan pembicaraan hari itu sangat "intens" dan mengatakan masih ada jalur diplomatik untuk mengurangi ketegangan dengan Rusia.

“Jika mereka (Rusia) memilih untuk tidak menempuh jalan itu, akan ada konsekuensi besar dan biaya berat sebagai tanggapan, dan G7 benar-benar bersatu dalam hal itu,” katanya.

“Jenis biaya yang kita bicarakan dirancang untuk diterapkan dengan sangat cepat,” imbuhnya seperti dikutip dari Metro.us, Minggu (12/12/2021).

Berbicara pada sesi pembukaan pembicaraan, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss telah mendesak G7 untuk berbicara dengan satu suara.

“Kita perlu membela diri terhadap ancaman yang berkembang dari aktor yang bermusuhan dan kita harus bersatu dengan kuat untuk melawan agresor yang berusaha membatasi batas kebebasan dan demokrasi,” katanya di awal pertemuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)