Putin Blakblakan Pemerintah Rusia Pernah Diisi Agen-agen CIA

Sabtu, 11 Desember 2021 - 06:16 WIB
loading...
Putin Blakblakan Pemerintah Rusia Pernah Diisi Agen-agen CIA
Presiden Vladimir Putin blakblakan pemerintah Rusia pernah diisi agen-agen CIA Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengungkapkan bahwa pada 1990-an dan awal 2000-an pemerintah Rusia dipenuhi dengan pekerja Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS). Pemerintah akhirnya harus dibersihkan dan agen-agen intelijen dikirim pulang ke AS.

Berbicara pada pertemuan Dewan Masyarakat Sipil dan Hak Asasi Manusia pada hari Kamis, Putin menggunakan contoh orang Amerika di dalam pemerintahan Rusia untuk menunjukkan bagaimana negara-negara asing berusaha mencampuri urusan dalam negeri negaranya.



“Pada awal 2000-an, saya sudah membersihkan semua orang, tetapi pada pertengahan 1990-an, kami memiliki, belakangan, kader Badan Intelijen Pusat AS duduk sebagai penasihat dan bahkan pegawai resmi pemerintah Rusia,” kata Putin.

“Mereka kemudian diadili di Amerika Serikat karena melanggar hukum AS dan mengambil bagian dalam privatisasi ketika mereka adalah karyawan CIA yang bekerja untuk kami,” lanjut Presiden Putin, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (11/12/2021).

Menurut Putin, beberapa spesialis Amerika ditempatkan di fasilitas senjata nuklir Rusia dan bahkan duduk di meja dengan bendera AS.

“Mereka tinggal dan bekerja di sana. Mereka tidak membutuhkan alat campur tangan yang begitu halus dalam kehidupan politik kita karena mereka tetap mengendalikan segalanya,” lanjut dia.

Ini bukan pertama kalinya Putin menuduh Amerika mencampuri urusan dalam negeri Rusia, terutama segera setelah jatuhnya Uni Soviet dan privatisasi aset milik pemerintah.

Pada 2013, presiden Rusia itu mengeklaim bahwa petugas CIA bekerja dalam rombongan Anatoly Chubais, wakil perdana menteri yang mengawasi proses privatisasi. Dia kemudian menjadi kepala staf Kremlin.



Awal tahun ini, Ruslan Khasbulatov, mantan ketua parlemen Rusia, mengeklaim bahwa presiden pertama Rusia, Boris Yeltsin, dikelilingi oleh ratusan agen CIA yang mengatakan kepadanya apa yang harus dilakukan selama masa jabatannya sebagai pemimpin.

Khasbulatov bahkan mengeklaim bahwa Yeltsin mengirim pejabat keamanan dan kepala departemen ke AS sehingga Amerika dapat “memeriksa mereka” dan “memberikan kesimpulan.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)