Ukraina Ingin Senjata Nuklir yang Kuat untuk Kalahkan Rusia

Sabtu, 11 Desember 2021 - 05:45 WIB
loading...
Ukraina Ingin Senjata Nuklir yang Kuat untuk Kalahkan Rusia
Prajurit Ukraina menghadiri latihan upacara resmi untuk menyerahkan tank, pengangkut personel lapis baja dan kendaraan militer ke Angkatan Bersenjata Ukraina saat negara itu merayakan Hari Tentara di Kyiv, Ukraina, 6 Desember 2021. Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Ukraina membutuhkan persenjataan nuklir yang kuat untuk menang dalam perang melawan Rusia. Keinginan itu diungkapkan mantan Kepala Dinas Keamanan Ukraina (SBU) Igor Smeshko.

Pernyataan itu muncul seiring ketegangan yang meningkat antara kedua negara karena kekhawatiran Rusia dapat menyerang Ukraina.

Berbicara di program “Red Lines” saluran TV Ukraina 24 pada Rabu (8/12/2021), Igor Smeshko mengkritik apa yang dilihatnya sebagai kurangnya bantuan dari teman-teman Barat negara itu dalam memberikan perlindungan terhadap agresi yang diklaim dari pasukan Rusia.



“Jika kita memiliki persenjataan atom (terbesar) ketiga, senjata nuklir taktis, pasukan lebih dari satu juta orang serta penerbangan yang kuat dan strategis, kita bisa melakukannya tanpa Barat dalam kemampuan pertahanan kita,” ungkap dia.



Mengatasi kekhawatiran dalam beberapa pekan terakhir atas dugaan penumpukan pasukan Rusia di perbatasannya dengan Ukraina, Smeshko mengatakan, “Perang apa pun dimulai jika ada kondisi militer, ekonomi, dan politik-diplomatik untuk itu. Jika kita berbicara tentang kemungkinan Rusia memulai perang skala penuh dengan Kiev hari ini, sayangnya, itu memiliki semua kemungkinan militer dan teknis.”



Pernyataan dari mantan kepala SBU itu datang di tengah kekhawatiran tentang risiko konflik bersenjata habis-habisan antara pasukan Kiev dan separatis di wilayah Donbass.

Pekan lalu, Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan "kemungkinan permusuhan di Ukraina masih tinggi" ketika ditanya tentang kemungkinan perang di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)