Iran Nyatakan Siap Kembali Lakukan Pertukaran Tahanan dengan AS

Senin, 08 Juni 2020 - 16:50 WIB
loading...
Iran Nyatakan Siap Kembali...
Iran menyatakan siap untuk kembali melakukan pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat (AS). Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran menyatakan siap untuk kembali melakukan pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat (AS). Iran dan AS merampungkan pertukaran tahanan, setelah Teheran melepaskan Michael White, seorang veteran Angkatan Laut AS yang ditahan di Iran sejak 2018.

Pembebasan White terjadi setelah AS mendeportasi Sirous Asgari, seorang profesor Iran yang dipenjara di AS, meskipun telah dibebaskan karena mencuri rahasia dagang. Sebagai bagian dari kesepakatan, AS juga mengizinkan dokter Iran-Amerika, Majid Taheri untuk mengunjungi Teheran.

"Jika ada kemungkinan pertukaran tahanan, kami memiliki kesiapan untuk membebaskan orang-orang yang dipenjara di Amerika dan mengembalikan mereka ke negara itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (8/6/2020).

Terkait pembebasan White, yang terjadi pekan lalu, Presiden AS, Donald Trump tanpa ragu mengucapkan terima kasih kepada negara yang selama ini menjadi musuh bebuyutan negara itu.

"Saya baru saya menutup telepon dengan mantan warga Amerika yang disandera Michael White, yang sekarang di Zurich setelah dibebaskan dari Iran. Dia akan naik pesawat AS sebentar lagi, dan akan pulang ke Amerika Serikat. Terima kasih Iran, itu menunjukkan kesepakatan itu mungkin!" ucap Trump.

Pujian langka Trump untuk Teheran ini datang ketika ketegangan antara kedua negara terus meningkat. ( Baca juga: Bebaskan Veteran Angkatan Laut AS, Trump: Terima Kasih Iran! )
(esn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)