Junta Myanmar Sebut Laporan Warga Dibakar Hidup-hidup Hoaks

Jum'at, 10 Desember 2021 - 19:59 WIB
loading...
Junta Myanmar Sebut Laporan Warga Dibakar Hidup-hidup Hoaks
Junta Myanmar menyebut laporan warga dibakar hidup-hidup sebuah konspirasi dan berita palsu. Foto/Business Standard
A A A
YANGON - Junta Myanmar membantah laporan yang menyebutkan 11 warga desa dibakar hidup-hidup oleh militer negara itu dan menyebutnya sebagai berita palsu.

Sebuah laporan di surat kabar yang dikelola pemerintah, Global New Light of Myanmar, menuduh "media penghancur bangsa" menyebarkan video yang dikatakan salah menggambarkan pembantaian yang dilakukan oleh pasukan keamanan Myanmar.

“Penyelidikan awal di lapangan mengungkapkan bahwa file video semacam itu (sama sekali) tidak terkait dengan usaha Tatmadaw dan itu adalah konspirasi untuk menodai citra Tatmadaw,” kata laporan itu, menggunakan nama resmi untuk militer negara. Tidak ada rincian lebih lanjut tentang pembunuhan itu.

"Video itu segera dan beredar luas di media sosial karena konspirasi oleh koneksi lokal dan internasional," bunyi laporan itu seperti dikutip dari AP, Jumat (10/12/2021).



Berita surat kabar hari Jumat, yang berjudul “Siaran Pers tentang Misinformasi dan Disinformasi yang Muncul di Media Sosial,” menuduh negara-negara yang tidak disebutkan namanya ingin menghancurkan Myanmar” menghasut pertumpahan darah untuk menyebarkan kebencian dan meningkatkan konflik.

"Dengan melakukan itu, mereka memberikan berita palsu tentang korban pasukan keamanan untuk menginspirasi dan memotivasi teroris dan pendukung mereka," katanya, merujuk pada tuduhan pembunuhan oleh tentara.

Diduga ada konspirasi menghabiskan sejumlah besar uang dan memberikan dukungan teknis untuk menyebarkan informasi yang salah di media sosial dalam sinkronisasi di dalam negeri dan internasional.

Laporan surat kabar yang sama mengutip sebuah insiden pada hari Minggu di mana sebuah kendaraan militer dengan sengaja menabrak sekelompok kecil pengunjuk rasa pro-demokrasi tanpa kekerasan di Yangon, kota terbesar di negara itu. Saksi mata mengatakan bahwa setidaknya tiga orang tampak terluka parah, dan foto-foto menunjukkan mereka tergeletak di jalan. Berita mengatakan tampaknya tiga hingga lima orang tewas dalam serangan itu.

Namun laporan tersebut menuduh para pengunjuk rasa terdiri dari teroris, dan akan berubah menjadi terorisme, mengatakan bahwa pasukan keamanan harus melakukan tindakan kontraterorisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)