Rusia Kirim Tank Baru ke Pangkalan di Tajikistan, Latihan Pertahanan Rudal

Senin, 06 Desember 2021 - 21:00 WIB
loading...
Rusia Kirim Tank Baru ke Pangkalan di Tajikistan, Latihan Pertahanan Rudal
Tentara Rusia, Kazakhstan, dan Belarusia beraltih di perbatasan Tajikistan-Afghanistan, Khatlon, Tajikistan pada 23 Oktober 2021. Foto/REUTERS
A A A
DUSHANBE - Rusia mengatakan pada Senin (6/12/2021) pihaknya memperkuat pangkalan militernya di Tajikistan dengan 30 tank baru. Selain itu, pasukannya di fasilitas tersebut telah melakukan latihan dengan sistem pertahanan rudal.

Langkah tersebut seiring kekhawatiran Moskow tentang gejolak di Afghanistan.

Kemungkinan gerilyawan di Afghanistan menyusup ke Tajikistan dan bekas republik Soviet lainnya di Asia Tengah mengkhawatirkan Moskow. Rusia memandang kawasan itu sebagai penyangga pertahanan di wilayah selatannya.



“Pasukan Rusia pada Senin berlatih memukul mundur serangan udara musuh terhadap fasilitas militer menggunakan sistem S-300PS,” ungkap kantor berita Interfax mengutip Kementerian Pertahanan Rusia.

Pangkalan di Tajikistan merupakan bekas Soviet. Pangkalan itu menjadi pangkalan Rusia terbesar di luar perbatasannya sendiri.

“Pasukan Rusia mensimulasikan 10 peluncuran rudal terhadap target udara sebagai bagian dari latihan,” papar Kementerian Pertahanan Rusia.

“Sejumlah 30 tank T-72B3M yang ditingkatkan karakteristik tempurnya akan tiba untuk mempersenjatai kembali pangkalan militer Rusia ke-201 yang ditempatkan di Tajikistan pada 6 Desember,” ungkap Kementerian itu.

Rusia mengadakan latihan militer bersama skala besar dengan sekutunya di dekat perbatasan Tajikistan-Afghanistan pada Oktober setelah Amerika Serikat dan sekutunya menarik pasukan dari Afghanistan dan Taliban merebut kekuasaan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)