Google Dituding Dapat Untung dari Penjualan T-shirt yang Mendukung Hamas

Minggu, 05 Desember 2021 - 16:30 WIB
loading...
Google Dituding Dapat Untung dari Penjualan T-shirt yang Mendukung Hamas
T-shirt yang bernada mendukung Hamas dan dijual di Google. FOTO/Independent
A A A
LONDON - Sebuah laporan yang dirilis oleh Independent pada Sabtu (4/12/2021) mengungkapkan, bahwa Google telah mengambil keuntungan dari penjualan T-shirt yang memuliakan Hamas . Hal ini terjadi beberapa hari setelah pemerintah Inggris menetapkan Hamas sebagai organisasi teroris.

Jumat lalu, Menteri Dalam Negeri Inggris, Priti Patel membuat langkah drastis dalam upaya untuk menindak anti-semitisme, menjadikannya sebagai pelanggaran pidana untuk menjadi anggota Hamas atau bahkan mengenakan pakaian yang menunjukkan afiliasi.

Baca: Meta Hapus Lebih dari 150 Akun Medsos Terkait Hamas

Namun demikian, laporan Independen menemukan bahwa Google telah menampilkan iklan untuk T-shirt bergambar seorang pejuang Hamas dengan pesan "HAMAS ARMY" sejak penetapan faksi penguasa Jalur Gaza itu sebagai organisasi teroris oleh Inggris.

Google telah mengiklankan T-shirt seharga £9,93 (USD13,14), untuk dijual melalui situs web lain, di bagian atas bagian belanja mesin pencarinya. Satu iklan bahkan menyoroti penurunan harga, menunjukkan bahwa T-shirt itu sebelumnya dijual seharga £19,26.

Tak lama setelah Independent menerbitkan laporannya, Google menghapus iklan tersebut. “Kami melarang iklan atau produk yang dibuat oleh atau mendukung kelompok teroris. Dalam hal ini, kami menghapus iklan dan cantuman dari platform kami. Kami menegakkan kebijakan kami dengan penuh semangat dan mengambil tindakan ketika dilanggar," kata juru bicara Google.

Baca: Anggota Parlemen Inggris: Hamas Punya Hak Hukum untuk Melawan

Teepublic, situs web yang menjual T-shirt, menghapus iklan tersebut setelah dihubungi oleh Independent.

Seorang juru bicara Home Office mengatakan: “Kami mengharapkan perusahaan teknologi untuk menangani konten teroris di platform mereka dan menanggapi ancaman yang muncul dengan cepat. Kami senang Google bertindak sangat cepat di sini, dan kami akan terus bekerja sama dengan perusahaan untuk memastikannya tetap menjadi prioritas.”
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1737 seconds (11.97#12.26)