Hun Sen Tunjuk Puteranya Jadi Perdana Menteri Kamboja Berikut

Minggu, 05 Desember 2021 - 15:59 WIB
loading...
Hun Sen Tunjuk Puteranya Jadi Perdana Menteri Kamboja Berikut
Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen dan puteranya, Hun Manet. FOTO/RFA
A A A
PHNOM PENH - Perdana Menteri Kamboja , Hun Sen mengatakan, dia mengharapkan putranya Hun Manet (44) untuk menggantikan dia di kantor Perdana Menteri negeri itu. Hun Sen membuat pernyataan itu untuk mengakhiri spekulasi tentang pesaing lain yang mungkin menempati posisi Perdana Menteri Kamboja.

Berbicara pada upacara peletakan batu pertama di Sihanoukville, Hun Sen - yang telah memerintah Kamboja selama lebih dari 35 tahun - mengatakan bahwa sementara orang lain dapat mencalonkan diri untuk jabatan tersebut, putranya mendapat dukungan penuh darinya.



“Siapa yang berani menentang ini? Hun Sen akan mati suatu hari nanti, jadi mengapa tidak membiarkan putranya mengambil alih?” kata Hun Sen, seperti dikutip dari Radio Free Asia, Jumat (3/12/2021).

Hun Sen mengatakan, dia tidak akan mendukung Menteri Pertahanan Kamboja, Tea Banh dan Menteri Dalam Negeri Sar Kheng. Selama ini, keduanya dipandang oleh beberapa orang sebagai calon calon masa depan, untuk naik ke posisinya sendiri. Mereka diharapkan sekarang untuk melanjutkan pekerjaan mereka sampai mereka pensiun.

Sementara Hun Manet, putra tertua Hun Sen dan istrinya Bun Rany, telah diangkat menjadi jenderal bintang tiga di Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja. Dia telah memimpin tentara negara itu sejak 2018.



Menulis dari pengasingan di halaman Facebook-nya pada hari Jumat, pemimpin oposisi Kamboja Sam Rainsy mengatakan, keinginan Hun Sen untuk melihat putranya menggantikannya sebagai Perdana Menteri didorong oleh ketakutannya menghadapi hukuman atas kejahatan yang dilakukan selama pemerintahannya yang panjang.

“Rencananya akan gagal, karena Kamboja adalah negara, bukan milik pribadi,” kata Sam Rainsy. “Tidak ada seorang pun di Kamboja yang ingin melihat ini terjadi,” lanjutna.

Berbicara kepada RFA, seorang penduduk desa dari provinsi Tboung Khmum di Kamboja timur mengatakan, Hun Manet tidak akan dapat memenangkan pemilihan yang bebas dan adil. “Dia memiliki gaya diktator, sama seperti ayahnya,” kata penduduk desa yang tidak disebutkan namanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)