Kepala Mossad: Iran Tidak Akan Pernah Memiliki Senjata Nuklir

Jum'at, 03 Desember 2021 - 14:32 WIB
loading...
Kepala Mossad: Iran Tidak Akan Pernah Memiliki Senjata Nuklir
Nuklir Iran. FOTO/Fars
A A A
TEL AVIV - Kepala Badan Intelijen Israel , Mossad , David Barnea mengatakan, bahwa Israel akan melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk memastikan Iran tidak pernah mengembangkan senjata nuklir. Ia juga menegaskan, kesepakatan nuklir yang buruk antara kekuatan dunia "tidak dapat ditoleransi."

“Jelas bahwa uranium tidak perlu diperkaya hingga 60 persen untuk tujuan sipil,” kata Barnea. "Tidak perlu tiga situs dengan ribuan sentrifugal aktif, kecuali ada niat untuk mengembangkan senjata nuklir," lanjutnya, seperti dikutip dari i24news.tv, Jumat (3/12/2021).



Barnea mengkritik kesepakatan Iran, menyebutnya sebagai "perjanjian yang buruk," dan mendevaluasi upaya untuk mengembalikannya. "Iran berjuang untuk hegemoni regional, mengoperasikan teroris yang sama yang kita tangani setiap hari di seluruh dunia, dan terus mengancam stabilitas Timur Tengah," tegas Barnea.

"Oleh karena itu, mata kami terbuka lebar. Kami siap dan kami akan bertindak dengan rekan-rekan kami di lembaga pertahanan untuk melakukan apa yang diperlukan untuk menjauhkan ancaman dari Negara Israel, dan menggagalkannya dengan cara apa pun," tambahnya.



“Iran tidak akan memiliki senjata nuklir, tidak di tahun-tahun mendatang, tidak akan pernah," katanya. Saat ini, perundingan antara Iran dengan kekuatan dunia sedang berlangsung di Wina. Iran sendiri sudah mengajukan pengurangan sanksi sebagai salah satu elemen yang mereka usung dalam perundingan tersebut.

Jika benar sanksi itu dicabut, atau setidaknya dikurangi, kekhawatiran sudah membekap Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett. "Israel sangat takut tentang kesiapan untuk menghapus sanksi dan mengizinkan aliran miliaran (dolar) ke Iran sebagai imbalan atas pembatasan yang tidak memuaskan di bidang nuklir," kata Bennett dalam rapat kabinetnya yang disiarkan televisi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)