WHO Peringatkan Varian Omicron Timbulkan Risiko Global Sangat Tinggi

Senin, 29 November 2021 - 18:50 WIB
loading...
WHO Peringatkan Varian Omicron Timbulkan Risiko Global Sangat Tinggi
Pelancong dites Covid-19 di Bandara Sydney, Australia, 29 November 2021. Foto/REUTERS
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan dunia bersiap menghadapi varian baru Covid Omicron. WHO mendesak semua negara meningkatkan vaksinasi untuk kelompok rentan.

WHO merilis penjelasan teknis tentang Omicron yang diklasifikasikan sebagai varian mengkhawatirkan (VOC) pada Jumat. "Risiko global secara keseluruhan terkait dengan VOC Omicron baru dinilai sangat tinggi," papar laporan itu dilansir pada Senin (29/11/2021).

Badan tersebut menggambarkan, “Omicron sebagai varian dengan jumlah mutasi yang tinggi, beberapa di antaranya mungkin terkait potensi pelepasan kekebalan dan penularan yang lebih tinggi.”

Baca juga: Varian Covid Omicron Mencapai Kanada, Para Pakar Kelimpungan

Pada saat yang sama, WHO mencatat bahwa "masih ada ketidakpastian yang cukup besar" mengenai jenis virus baru.

Baca juga: Varian Covid Omicron Mungkin Sudah Ada di AS, Segera Menyebar Luas



Badan tersebut mendesak negara-negara meningkatkan pemantauan mereka terhadap semua varian virus corona, termasuk Omicron, dan meningkatkan vaksinasi “secepat mungkin,” terutama dalam hal mencakup kelompok prioritas tinggi dan rentan.

“Langkah-langkah seperti pemakaian masker dan menjaga jarak fisik tetap penting dalam perang melawan pandemi,” ungkap pernyataan WHO.

Juga dikenal sebagai varian B.1.1.529, Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada Rabu. Varian itu kemudian ditemukan di negara-negara seperti Australia, Inggris, Belgia, dan Kanada.

Munculnya strain baru mendorong Israel dan Jepang menutup perbatasan mereka terhadap warga negara asing.
(sya)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2321 seconds (11.97#12.26)