Rusia Kembangkan Batu Mata-mata ala James Bond yang Pernah Digunakan MI6

Senin, 29 November 2021 - 15:01 WIB
loading...
Rusia Kembangkan Batu Mata-mata ala James Bond yang Pernah Digunakan MI6
Rusia mengembangkan spy rock atau batu mata-mata yang pernah digunakan MI6 Inggris di Moskow. Foto/East2West News
A A A
MOSKOW - Rusia sedang mengembangkan "spy rock [batu mata-mata]" yang aneh. Itu adalah alat pendengar spionase ala James Bond yang pernah digunakan oleh intelijen Inggris; MI6, di Moskow.

Sebuah rekaman video terbaru dari televisi militer menunjukkan batu palsu yang dirancang oleh peneliti militer Moskow untuk digunakan melawan musuh-musuhnya.

“Karena penyamarannya dan kemampuannya untuk mengubah posisi, itu bisa berguna dalam perang parit," bunyi laporan stasiun televisi Zvezda milik Kementerian Pertahanan Rusia, yang dilansir The Mirror, Senin (29/22/2021).



Batu robot itu dapat dikendalikan oleh sinyal radio dari operator lebih dari satu mil jauhnya dan dipindahkan ke posisi saat musuh tidak mengawasi.

Ia memiliki kamera dan kemampuan mendengarkan, kata perancangnya di Akademi Angkatan Udara dari Voronezh di bawah bimbingan Komite Ilmiah dan Teknis Direktorat Utama Pelatihan Tempur Angkatan Bersenjata Rusia.

Perangkat spionase ini secara resmi dikenal sebagai "observation complex [kompleks observasi]" dengan mata elektronik yang terangkat seperti periskop.

Perangkat ini disebut sebagai "batu mata-mata" oleh saluran televisi militer Rusia.

Televisi itu mengeklaim tidak ada perangkat serupa dengan yang digunakan oleh angkatan bersenjata Rusia saat ini. Televisi itu juga menunjukkan salah satu desainer-nya; Nikolai Yemets, mendemonstrasikan batu tersebut.

"Masalah utamanya adalah mendapatkan semua peralatan yang kami butuhkan menjadi batu kecil," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)