Pertama Kali dalam 25 Tahun, AS Tunjuk Duta Besar untuk Sudan

Senin, 29 November 2021 - 14:29 WIB
loading...
Pertama Kali dalam 25 Tahun, AS Tunjuk Duta Besar untuk Sudan
Dubes AS untuk Sudan John Godfrey. Foto/ig news
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah menunjuk John Godfrey sebagai duta besar (dubes) untuk Sudan. Dia merupakan dubes AS pertama untuk Sudan dalam 25 tahun terakhir.

Langkah ini setelah Washington meningkatkan perwakilan diplomatiknya dengan Khartoum dari Kuasa Usaha menjadi duta besar.

Menurut Al-Arabiya, John Godfrey diangkat menjadi duta besar AS untuk Sudan pada Sabtu (27/11/2021). Dia menjadi duta besar AS pertama di Sudan sejak 1996 ketika hubungan diplomatik terputus antara kedua negara.

Baca juga: Varian Covid Omicron Mungkin Sudah Ada di AS, Segera Menyebar Luas

Pada Juli, Foreign Policy menyebut Godfey sebagai kandidat yang paling mungkin menjadi dubes AS di Sudan.

Baca juga: Varian Covid Omicron Menyebar, Biden Melarang Perjalanan dari Afsel dan 7 Negara Lainnya

Pada saat itu, Godfrey adalah penjabat utusan kontraterorisme Departemen Luar Negeri AS dan utusan khusus untuk koalisi global melawan Negara Islam (ISIS).

Sebelum ini, dia memegang beberapa jabatan di Timur Tengah dan Afrika Utara selama waktunya di dinas luar negeri dan antara 2013 hingga 2014, ia adalah kepala staf Wakil Menteri Luar Negeri saat itu, William Burns, yang saat ini menjadi kepala CIA.

Pengalaman Godfrey di wilayah tersebut telah digambarkan sebagai menguntungkan bagi AS saat transisi Sudan menuju demokrasi di tengah pengaruh kekuatan regional yang bersaing.

Bulan lalu, Panglima Militer Sudan Jenderal Abdel Fattah Al-Burhan memimpin kudeta, membubarkan pemerintah transisi yang dipimpin Perdana Menteri Abdalla Hamdok, menahan puluhan politisi dan aktivis dalam proses tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1367 seconds (10.55#12.26)