Habiskan Rp2 M Hanya untuk Pohon Natal, Biden Tuai Kecaman

Minggu, 28 November 2021 - 21:03 WIB
loading...
Habiskan Rp2 M Hanya untuk Pohon Natal, Biden Tuai Kecaman
First Lady AS, Jill Biden, menyambut kedatangan pohon Natal di Gedung Putih. Foto/New York Post
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih menuai kecaman karena menghabiskan USD139 ribu atau sekitar Rp2 miliar hanya untuk penerangan pohon Natal tahun ini. Jumlah itu diluar biaya tambahan sebesar USD171 ribu atau sekitar Rp2,4 miliar untuk acara pendukung.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menarik perhatian terkait acara Upacara Penerangan Pohon Natal Nasional 2021 yang akan dimeriahkan dengan pertunjukan oleh Patti LaBelle, Billy Porter, Chris Stapleton, dan lainnya, TMZ melaporkan.

Kegiatan ini kembali digelar secara normal setelah pada tahun lalu berlangsung secara virtual karena pandemi. Itu pula yang membuat biaya acara ini sedikit lebih murah daripada yang dilakukan oleh mantan presiden Donald Trump pada 2019 lalu. Saat itu, kegiatan ini menelan biaya hingga USD160 ribu atau sekitar Rp2,3 miliar.

Meski begitu, banyak pihak yang menganggap pengeluaran sebesar itu menunjukkan pemerintahan Biden tidak peka karena inflasi melonjak menjadi 6,2 persen pada musim gugur ini, tertinggi sejak 1990. Kondisi ini menyebabkan harga barang dasar dan jasa melonjak di AS.



Perayaan penerangan pohon yang mewah menimbulkan kecaman terhadap pengeluaran yang berlebihan. Presiden AS Joe Biden dan Gedung Putih dinilai telah mencoba untuk mengecilkan efek inflasi pada bulan-bulan sebelumnya.

"Pajak dollar Anda bekerja keras," tulis akus Twitter Gwenn seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (28/11/2021).

Pengguna lain dengan akun J.J.M mengkritik dengan mengatakan uang tersebut bisa digunakan untuk membantu sesama.

"Uang yang bisa membantu mereka yang membutuhkan tetapi pergi begitu saja," tulisnya.

Seorang pengguna Twitter dengan nama Aloha hanya menulis: "Mudahnya menghabiskan uang orang."



Pohon Natal Gedung Putih sendiri telah tiba pada hari Senin, yang diterima langsung oleh Ibu Negara Jill Biden, putranya Hunter, serta menantu perempuan Melissa Cohen dan cucunya Beau.

Dua kuda Clydesdale - Ben dan Winston - menarik pohon di jalan masuk Utara Gedung Putih saat band Marinir memainkan lagu 'Oh Christmas Tree.'

Jill mematahkan sedikit cabangnya dan membawanya ke cucunya, memberikannya dengan ciuman.

Pohon natal ini berasal dari Jefferson, North Carolina, dan akan dipasang di Gedung Putih minggu ini. Tema pohon bersama dengan tema dekorasi Gedung Putih untuk tahun ini dipilih langsung oleh ibu negara tetapi belum diungkapkan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)