Berebut Pengaruh dengan China, Diplomat Top AS Kunjungi Indonesia

Sabtu, 27 November 2021 - 17:23 WIB
loading...
A A A
Daniel Russel, pendahulu Kritenbrink dalam pemerintahan Obama, mengatakan pertanyaan kunci bagi ASEAN adalah apakah Amerika Serikat benar-benar memiliki strategi ekonomi yang layak untuk kawasan tersebut.

"Janji untuk membahas cara-cara untuk memperkuat keterlibatan ekonomi AS dengan negara-negara ASEAN adalah musik di telinga mereka, bahkan jika mereka mungkin diremehkan oleh 'kerangka ekonomi' sejauh ini," katanya.

Pengumuman lawatan Kritenbrink menekankan pusat dari 10 anggota ASEAN untuk urusan regional, tetapi dia tidak akan mengunjungi ketua baru blok itu, Kamboja, yang telah bergeser semakin dekat ke China.

Seorang diplomat Asia dan Russel mengatakan Kritenbrink kemungkinan akan mengunjungi negara-negara ASEAN lainnya tidak lama lagi dan Russel mencatat Ibu Kota Indonesia, Jakarta, adalah rumah bagi markas permanen blok tersebut.

"Meskipun penting untuk membahas agenda ASEAN dengan ketua 2022, mengunjungi markas ASEAN di Jakarta akan memberinya kesempatan untuk memulai pembicaraan itu," kata Russel.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)