Modul Baru Rusia Berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Sabtu, 27 November 2021 - 08:54 WIB
loading...
Modul Baru Rusia Berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional
Roket Soyuz yang membawa modul Rusia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. FOTO/Roscosmos Space Agency Press Service
A A A
MOSKOW - Sebuah kapal kargo Rusia yang membawa modul docking baru berhasil terhubung dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Jumat (26/11/2021). Modul itu berhasil tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional setelah menempuh perjalanan selama dua hari.

Modul sferis baru, bernama Prichal (Pier), merapat dengan pos terdepan yang mengorbit pada pukul 18.19. Waktu Moskow (1519 GMT). Modul ini memiliki enam port docking dan akan memungkinkan potensi perluasan segmen stasiun Rusia di masa depan. Modul telah ditambatkan ke port dok modul laboratorium Nauka (Ilmu Pengetahuan) Rusia yang baru.



Seperti dilaporkan AP, sebelumnya pada Rabu, sebuah roket Soyuz lepas landas dari fasilitas peluncuran Rusia di Baikonur, Kazakhstan, membawa kapal kargo Progress dengan Prichal yang melekat padanya. Setelah memasuki ruang angkasa, kapal kargo dengan modul itu pergi ke orbit.

Kemajuan juga mengirimkan 700 kilo berbagai kargo ke stasiun luar angkasa dan diperkirakan akan diturunkan dari stasiun pada 22 Desember.



Pesawat ruang angkasa Soyuz pertama diharapkan berlabuh di modul baru pada 18 Maret 2022, dengan awak tiga kosmonot: Oleg Artemyev, Denis Matveev dan Sergei Korsakov. Awal pekan ini, kru Rusia di stasiun tersebut memulai pelatihan untuk kedatangan modul, mensimulasikan penggunaan kontrol manual jika sistem docking otomatis gagal.

Pos luar angkasa saat ini dioperasikan oleh astronot NASA Raja Chari, Thomas Marshburn, Kayla Barron, dan Mark Vande Hei; kosmonot Rusia Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov; dan Matthias Maurer dari Badan Antariksa Eropa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)