Ungkap Rencana Kudeta, Presiden Ukraina Siap Hadapi Eskalasi dengan Rusia

Jum'at, 26 November 2021 - 19:35 WIB
loading...
Ungkap Rencana Kudeta, Presiden Ukraina Siap Hadapi Eskalasi dengan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Foto/sparkchronicles.com
A A A
KIEV - Ukraina telah berhasil membongkar rencana percobaan kudeta yang akan berlangsung pada minggu depan. Hal itu diungkapkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada konferensi pers di mana ia juga berbicara tentang ancaman eskalasi militer dari Rusia .

"Kami mendapat tantangan tidak hanya dari Federasi Rusia dan kemungkinan eskalasi - kami memiliki tantangan internal yang besar. Saya menerima informasi bahwa kudeta akan terjadi di negara kami pada 1-2 Desember," kata Zelenskiy seperti dikutip dari Reuters, Jumat (26/11/2021).

Zelenskiy tidak memberikan rincian upaya kudeta itu dan tidak menuduh Rusia terlibat didalamnya.



Rusia telah membangun pasukan di dekat perbatasannya dengan Ukraina. Kondisi ini membuat Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan NATO telah menyuarakan keprihatinan tentang kemungkinan serangan Rusia - sebuah tudingan yang ditepis Kremlin sebagai sesuatu yang salah dan mengkhawatirkan.

Moskow dan Kiev saling menyalahkan atas meningkatnya ketegangan dalam beberapa pekan terakhir, meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik jangka panjang antara Ukraina dan kelompok separatis yang didukung Rusia dapat meletus menjadi perang terbuka baru.

"Kami memegang kendali penuh atas perbatasan kami dan sepenuhnya siap untuk setiap eskalasi," tegas Zelenskiy.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)