Mesir Buka Kembali Avenue of Sphinxes yang Berusia 3.000 Tahun

Jum'at, 26 November 2021 - 03:24 WIB
loading...
Mesir Buka Kembali Avenue of Sphinxes yang Berusia 3.000 Tahun
Mesir membuka kembali Avenue of Sphinxes yang berusia 3.000 tahun dengan upacara yang megah dan mewah. Foto/Daily Mail
A A A
KAIRO - Mesir menghidupkan kembali tradisi budaya yang belum pernah terlihat dalam beberapa ribu tahun. Negeri seribu piramid itu membuka Avenue of Sphinx yang berusia 3.000 tahun untuk umum pada hari Kamis dalam sebuah upacara mewah di kota selatan Luxor yang mengikuti upaya penggalian selama beberapa dekade.

Sebuah parade spektakuler yang dimulai setelah malam tiba di Mesir dan sekitar waktu makan siang berlangsung di sepanjang jalan, yang di kedua sisinya dipagari oleh lebih dari 600 patung berkepala domba jantan dan sphinx tradisional, patung dengan tubuh singa berkepala manusia.

Pawai mewah ini melibatkan peserta dalam pakaian firaun, orkestra simfoni, efek pencahayaan, penari profesional, perahu di Sungai Nil , kereta kuda dan banyak lagi.

Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi menghadiri upacara pembukaan ini.



“Malam ini saya akan menyaksikan salah satu peristiwa terbesar yang pernah terjadi dalam hidup saya,” kata Ahmed Hammam, seorang pemandu wisata Luxor, sebelum acara tersebut seperti dikutip dari NBC News, Jumat (26/11/2021).

Hammam (47) mengatakan bahwa menyaksikan restorasi Avenue of Sphinx setelah bertahun-tahun berusaha adalah “seperti mimpi.”

“Hari ini akan menjadi hari yang akan kita bicarakan selama seratus tahun yang akan datang,” ujar Hammam.

“Saya harap semua orang akan menikmatinya. Tidak hanya di sini di kota kelahiran saya, tetapi di seluruh Mesir, dan di seluruh dunia juga,” imbuhnya.

Jalan setapak kuno, yang panjangnya hampir dua mil dan lebarnya sekitar 250 kaki, pernah diberi nama “Jalan Tuhan.” Jalan ini menghubungkan Kuil Luxor dengan Kuil Karnak, tepat di atas sungai Nil di utara.



Jalan itu terkubur di bawah pasir selama berabad-abad sampai arkeolog Mesir Zakaria Ghineim menemukan delapan patung sphinx pertama di depan Kuil Luxor pada tahun 1949.

Upaya untuk menggali dan memulihkan situs tersebut terus berlanjut selama tujuh dekade berikutnya dan diinterupsi berkali-kali oleh pergolakan politik, seperti pemberontakan Arab Spring 2011 yang menggulingkan penguasa otokratis lama negara itu Hosni Mubarak dan memicu kerusuhan sipil selama beberapa tahun.

Jalan tersebut diyakini dibangun untuk merayakan Festival Opet tahunan di kota kuno Thebes, yang sekarang dikenal sebagai Luxor. Festival ini mempromosikan kesuburan dan termasuk prosesi yang membawa patung dewa upacara dari Kuil Karnak ke Kuil Luxor.

“Festival Opet akan diadakan, seperti di masa lalu pada zaman Firaun,” kata Ali Abu Dashish, seorang arkeolog Mesir dan anggota Persatuan Arkeologi, menjelang acara.

Dashish mengatakan acara itu harus mengirim pesan dari Mesir ke dunia bahwa, "kami melestarikan dan memulihkan barang antik."



Perayaan itu adalah bagian dari dorongan berkelanjutan untuk mempromosikan penemuan arkeologi ketika Mesir mencoba untuk menghidupkan kembali industri pariwisatanya yang lesu.

Bagian dari upaya itu termasuk mengadakan acara publik yang spektakuler seperti yang akan diadakan pada hari Kamis.

Pada bulan April Kairo mengadakan prosesi yang rumit, dijuluki Parade Emas, untuk memindahkan 22 mumi kerajaan Mesir kuno melintasi ibu kota ke museum baru.

Zahi Hawass, seorang arkeolog Mesir, menyebut situs Luxor sebagai museum terbuka terbesar, situs arkeologi terbesar di dunia yang menceritakan sejarah Mesir dari era 2.000 SM — dikenal sebagai Dinasti XI — hingga Periode Romawi.

Hawass mengerjakan restorasi Avenue of Sphinx dari 2005-2011, ketika pekerjaan dihentikan oleh pemberontakan. Dia mengatakan bahwa festival itu mengirimkan pesan penting kepada dunia bahwa “Mesir aman dan kami mengundang semua orang untuk kembali ke Mesir.”

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)