Pastikan Keamanan Warganya, Dubes Jepang Temui Pejabat Taliban di Kabul

Kamis, 25 November 2021 - 16:15 WIB
loading...
Pastikan Keamanan Warganya, Dubes Jepang Temui Pejabat Taliban di Kabul
Dubes Jepang untuk Afghanistan bertemu dengan pejabat Taliban di Kabul. FOTO/MOFA
A A A
KABUL - Duta Besar Jepang untuk Afghanistan , Okada Takashi mengadakan pembicaraan dengan Taliban di Kabul pada bulan November. Demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri Jepang pada Kamis (25/11/2021).

Menurut Kementerian Luar Negeri Jepang, Okada mengomentari situasi di lapangan selama kunjungan yang berlangsung sejak 21 hingga 24 November itu. Langkah-langkah keamanan ketat juga diterapkan untuk utusan Jepang tersebut.

Baca: Taliban: Jika Kami Terus Tidak Diakui, Akan Berdampak bagi Dunia

Seperti dilaporkan Arab News, Duta Besar Okada bertemu dengan anggota senior Taliban, termasuk Mullah Abdul Ghani Baradar. Dalam pertemuan itu, Okada mendesak mereka untuk memastikan keselamatan warga negara Jepang dan staf lokal.

“Okada juga meminta mereka untuk memastikan perjalanan yang cepat dan aman bagi mereka yang ingin meninggalkan negara itu,” kata Kementerian Luar Negeri Jepang. Selain itu, Okada mengatakan Jepang sedang melaksanakan bantuan melalui organisasi internasional untuk menanggapi situasi kemanusiaan yang memburuk di Afghanistan.

Baca: Jepang kepada China: Hentikan Tes Swab Anal COVID-19



Pihak Taliban dilaporkan mengatakan, mereka akan memastikan akses kemanusiaan dan keselamatan pekerja bantuan. Dalam pertemuan tersebut, Okada juga menekankan pentingnya menghormati hak semua orang Afghanistan, termasuk perempuan dan anak-anak, membangun sistem politik yang inklusif, dan mencegah Afghanistan menjadi tempat yang aman bagi teroris.

Dia menekankan bahwa Taliban diharapkan untuk mengambil tindakan positif dalam hal ini. Okada juga mengadakan pembicaraan dengan pejabat lain termasuk mantan Presiden Hamid Karzai. Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan, Jepang akan terus melakukan diskusi tingkat kerja dengan Taliban dan akan berkontribusi pada stabilisasi Afghanistan.
(esn)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1334 seconds (10.55#12.26)