5 Fakta Putri Amalia Calon Ratu Belanda: Boleh Nikah Sejenis hingga Kerja Jadi Pelayan

Sabtu, 20 November 2021 - 02:57 WIB
loading...
A A A
4. Boleh Nikah Sejenis

Perdana Menteri Mark Rutte mengatakan bangswan Belanda dapat menikahi pasangan sesama jenisnya tanpa melepaskan klaim mereka atas takhta.

Pernyataan PM Rutte itu sebenarnya juga sebagai tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh buku tentang Putri Amalia yang baru-baru ini diterbitkan. Buku itu berpendapat bahwa aturan negara mengecualikan kemungkinan pasangan sesama jenis di kalangan bangsawan kerajaan.

Belanda melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2001, menjadi negara pertama di dunia yang melakukannya.

PM Rutte mengatakan dalam sebuah surat kepada parlemen bahwa sikap telah berubah sejak pendahulunya terakhir kali membahas masalah ini pada tahun 2000.

"Pemerintah percaya bahwa ahli waris juga dapat menikahi orang yang berjenis kelamin sama," bunyi surat Rutte.

"Kabinet karena itu tidak melihat bahwa pewaris takhta atau raja harus turun takhta jika dia ingin menikahi pasangan berjenis kelamin sama."

5. Jadi Pelayan Kafe

Meski jadi calon Ratu Belanda, Putri Amalia tak gengsi dalam bekerja. Dia pernah bekerja paruh waktu sebagai pelayan di kafe tepi pantai, di mana pemiliknya dengan bercanda menyebutnya sebagai "ratu koktail" mereka dan bahwa jika dia bukan calon ratu Belanda, dia mungkin akan mengejar karier di bidang tarik suara atau menunggang kuda.

Sekarang sang putri, yang berprestasi di sekolah, berharap untuk menghabiskan satu tahun magang di sebuah perusahaan multinasional untuk kemudian memulai studi universitasnya, mungkin di Leiden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)