Mengejutkan, Tukang Bersih-bersih Rumah Menhan Israel Ternyata Mata-mata Iran

Jum'at, 19 November 2021 - 22:17 WIB
loading...
Mengejutkan, Tukang Bersih-bersih Rumah Menhan Israel Ternyata Mata-mata Iran
Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz. Tukang bersih-bersih rumah Gantz ditangkap agen Shin Bet atas tuduhan sebagai mata-mata Iran. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Seorang pria Israel yang bekerja sebagaitukang bersih-bersih rumah Menteri Pertahanan (Menhan) Benny Gantz ditangkapatas tuduhan menjadi mata-mata untuk Iran . Penangkapan tersebut berlangsung awal bulan ini dan dikonfirmasi dinas keamanan Shin Bet pada Kamis (18/11/2021).

Menurut Shin Bet, pria bernama Omri Goren ditangkap tak lama setelah dia menghubungi kelompok peretas yang terkait dengan Iran, dan sebelum dia bisa melakukan "kerusakan".



Pada hari Kamis, seorang jaksa Distrik Pusat mengajukan dakwaan terhadap Goren, menuduhnya melakukan spionase. Tuduhan kejahatan seperti itu membuatnya bisa dihukum 10 hingga 15 tahun penjara.

Ini bukan pertama kalinya Goren diadili. Warga Lod yang berusia 37 tahun itu pernah dinyatakan bersalah atas kejahatan lima kali dari 2002 hingga 2013, termasuk dua hukuman untuk perampokan bank dan lainnya untuk pencurian dan pembobolan properti. Goren telah menjalani empat hukuman penjara.

Sejarah kriminal Goren yang luas menimbulkan pertanyaan serius tentang proses penyaringan untuk karyawan di posisi sensitif untuk pejabat Israel. Shin Bet mengatakan bahwa sehubungan dengan insiden ini, mereka telah meluncurkan tinjauan internal tentang cara pemeriksaan latar belakang dilakukan untuk pekerja di rumah menteri. "Dengan tujuan membatasi kemungkinan kasus seperti ini terulang di masa depan," kata dinas keamanan tersebut.

Menurut Shin Bet, Goren pada awal bulan ini menjangkau seorang tokoh yang berafiliasi dengan Iran. "Dan menawarkan untuk membantunya dengan cara yang berbeda, mengingat aksesnya ke rumah menteri," kata Shin Bet, seperti dikutip Times of Israel, Jumat (19/11/2021).

Dalam dakwaan di pengadilan, sosok ini diidentifikasi sebagai perwakilan dari kelompok peretasan terkait Iran, Black Shadow, yang melakukan serangan siber besar-besaran di website sipil Israel bulan lalu, termasuk mencuri data dari situs kencan LGBT Israel yang populer.



Menurut lembar dakwaan, Goren terinspirasi untuk menghubungi kelompok tersebut setelah mendengar tentang serangan siber.

Meskipun lembar dakwaan tidak secara eksplisit membahas motivasi Goren, itu menunjukkan bahwa dia bertindak karena pertimbangan keuangan, diduga memberi tahu kelompok itu bahwa dia akan mentransfer informasi dari rumah ke Black Shadow dengan imbalan sejumlah uang.

Setelah melakukan kontak dengan perwakilan kelompok peretas, Goren membahas kemungkinan menginstal malware ke komputer rumah Gantz yang akan memberikan akses operasi terkait Iran ke perangkat sang menteri.

“Untuk membuktikan kemampuan dan kesungguhannya, Omri (Goren) memotret sejumlah objek di berbagai bagian rumah menteri, yang dia kirimkan ke sosok itu, termasuk gambar komputer menteri,” kata Shin Bet.

Menurut dakwaan, dia mengambil foto meja, komputer, telepon, dan tablet Gantz; brankas tertutup dan mesin penghancur kertas; foto Gantz dan keluarganya; dan fotokopi setoran pajak bumi daerah milik menteri.

Menurut layanan tersebut, karena penangkapannya yang cepat, Goren tidak dapat melaksanakan rencananya, yang akan membahayakan keamanan nasional Israel.

“Harus ditekankan bahwa mengingat protokol keamanan operasional di rumah menteri, Omri tidak terpapar materi rahasia dan oleh karena itu tidak ada dokumen semacam itu yang ditransfer ke tokoh yang berhubungan dengannya,” kata Shin Bet.

Pihak pengacara Goren mengatakan kliennya mengakui beberapa pelanggaran yang dituduhkan kepadanya, tetapi membantah melakukan kejahatan terkait keamanan yang dikaitkan dengannya.

Pengacara Goren, Gal Wolf, mengatakan kepada The Times of Israel bahwa kliennya tidak terpapar materi terkait keamanan saat bekerja di rumah Gantz.

Ditanya apakah kliennya mengaku menjangkau kelompok peretas Black Shadow, Wolf menahan diri untuk tidak berkomentar.

"Kami akan menerima bukti dan melihat siapa yang dia hubungi," kata Wolf.

Gantz dilaporkan telah menjadi sasaran upaya peretasan Iran di masa lalu. Pada 2019, ponsel pribadinya dikabarkan telah diretas oleh Iran.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)