Palestina: AS Tidak Perlu Izin Israel Buka Konsulat di Yerusalem

Kamis, 11 November 2021 - 21:30 WIB
loading...
Palestina: AS Tidak Perlu Izin Israel Buka Konsulat di Yerusalem
PM Palestina mengatakan AS tidak perlu izin Israel untuk buka Konsulat di Yerusalem. Foto/Anadolu
A A A
YERUSALEM - Amerika Serikat tidak memerlukan izin Israel untuk membuka kembali konsulatnya untuk Palestina di Yerusalem. Hal itu ditegaskan Perdana Menteri (PM) Palestina, mendesak Washington untuk menghormati janji diplomatiknya.

Sebelumnya Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan akan membuka kembali misi diplomatik yang secara historis bertanggung jawab atas urusan Palestina yang ditutup oleh pendahulunya Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel yang tidak terbagi.

Misi itu berbasis di Yerusalem barat tetapi termasuk kantor layanan konsuler di Yerusalem timur yang dicaplok Israel, yang diklaim Palestina sebagai Ibu Kota negara masa depan mereka.

"Amerika Serikat tidak memerlukan izin siapa pun," kata PM Palestina Mohammed Shtayyeh di kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki, seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (11/11/2021).

Komentar itu muncul setelah Perdana Menteri sayap kanan Israel Naftali Bennett mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada ruang untuk konsulat Amerika lainnya di Yerusalem. Ia dengan jelas menyatakan bahwa pemerintahnya akan menolak langkah Washington untuk memulihkan misi diplomatik bagi Palestina.



Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid pada konferensi pers yang sama mengatakan bahwa Israel tidak akan keberatan dengan AS yang membuka misi di Ramallah, pusat Otoritas Palestina.



“Ramallah bukan Yerusalem, dan Ramallah bukan ibu kota Palestina,” kata Shtayyeh.

“Harapan kami apa yang dijanjikan (AS) akan terpenuhi,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)